Wisata

Ada Terapi Ikan, Wisata Sumber Sentong Probolinggo Jadi Lokasi Rekreasi Favorit

Jumat, 21 Mei 2021 - 13:00 | 131.71k
Sumber Sentong dimanfaatkan untuk bersantai warga dan relaksasi selam pandemi. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
Sumber Sentong dimanfaatkan untuk bersantai warga dan relaksasi selam pandemi. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOSumber Sentong di Jrebeng Wetan, Kedopok, Kota Probolinggo, Jawa Timur, belakangan menjadi populer dan jadi destinasi wisata lokal. Sumber air yang dulunya tak terurus itu, kini menjadi tempat bersantai warga sekitar. Terapi ikan, suasana asri dan sejuk, menjadi daya tarik di tempat ini.

Pertengahan 2020 lalu, ketika pandemi berlangsung, masyarakat setempat berinisiatif untuk membersihkannya. Menyulapnya menjadi lokasi wisata lokal. Rumput liar dan ilanang dibersihkan. Serta dilengkapi dengan gazebo bambu dan fasilitas pendukung lainnya.

Salah satu daya tarik utama adalam terapi ikan nila merah. Pengunjung yang datang, biasanya mencelupkan kakinya ke kolam berisi sekitar 1.300 ekor nila merah berbagai ukuran.

“Awalnya memang tidak langsung di gigit. Tapi ketika kaki sudah tenang, ikan-ikan ini akan berkumpul dan mulai mengigiti kaki. Rasanya menyenangkan sekali. Akhirnya ya gitu, bisa tertawa terbahak-bahak seperti orang gila,” kata salah satu pengunjung, Pephy, Jumat (21/5/2021).

Sensasi geli itu pun membuat pengunjung yang datang betah. Bisa mengendurkan saraf-saraf yang tegang. Dimana aktifitas sehari-hari selama pandemi, cukup menyebabkan stress dan jarang bisa membuat tertawa.

Wisata-Terapi-Ikan-2.jpgTerapi ikan menjadi salah satu daya tarik masyarakat sekitar. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)

Suasana asri dan sejuk, juga cukup untuk relaksasi dan santai sejenak. Tidak perlu ke luar kota, dan tentunya tidak terlalu ramai.

“Selama pandemi, perhari ada saja pengunjung. Antara 30 sampai 50 orang. Mulai dari pagi sampai sore,” kata Edi Sunarko, pengelola sumber sentong.

Pengunjung yang datang rata-rata berasal dari daerah Probolinggo. Baik kota maupun kabupaten. Selama berada di Sumber Sentong, protokol kesehatan tetap dilaksanakan. Seperti memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak.

Di lahan seluas 4 hektar ini, pengunjung bisa masuk gratis. Termasuk terapi ikan. Kecuali menggunakan wahana tertentu. Seperti sepeda air, perahu kayuh atau membeli pakan ikan.

Keberadaan Sumber Sentong sebagai area wisata lokal pun cukup berdampak pada masyarakat sekitar. Terutama dari sisi ekonomi. Sejak dibuka pada Juni 2020 lalu, toko, warung dan warga sekitar yang berjualan kecil-kecilan merasakan betul manfaatnya.

“Pengunjung kan tetap ada setiap hari. Walau tidak banyak, tapi tetap memberikan manfaat ekonomi pada masyarakat sekitar. Kami bersyukur dengan hal itu,” sebut Edy.

Dari pusat kota, Sumber Sentong bisa dijangkau sekitar 10 menit berkendara, tidak terlalu jauh. Selain murah meriah, bersantai dan mendapat terapi ikan di Sumber Sentong, Kota Probolinggo sudah cukup untuk melemaskan otot dan saraf yang tegang. Tidak perlu khawatir penyekatan, dan tentunya aman. Karena memang berada di area terbuka. Dengan suasana dan hawa yang selalu segar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES