Peristiwa

Israel - Hamas Umumkan Gencatan Senjata

Jumat, 21 Mei 2021 - 04:42 | 24.42k
Roket dari Gaza (kanan) terlihat di langit malam ditembakkan ke Israel dari Beit Lahia di Jalur Gaza sementara rudal pencegat Iron Dome (kiri) muncul menghadangnya.(FOTO:The Times of Israel/AFPB.)
Roket dari Gaza (kanan) terlihat di langit malam ditembakkan ke Israel dari Beit Lahia di Jalur Gaza sementara rudal pencegat Iron Dome (kiri) muncul menghadangnya.(FOTO:The Times of Israel/AFPB.)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kelompok bersenjata Palestina utama di Gaza, Hamas dan Jihad Islam, mengkonfirmasi telah ada kesepakatan gencatan senjata mulai Kamis (20/5/2021) pukul 23:00 GMT atau Jumat (21/5/2021) pukul 02.00.

Dilansir The Times of Israel, Kabinet keamanan tingkat tinggi Israel memberikan suara mendukung gencatan senjata di Gaza Kamis malam yang berpotensi mengakhiri 11 hari permusuhan mematikan dengan kelompok teror Hamas.

Sebuah pernyataan dari Kantor Perdana Menteri mengatakan, bahwa kabinet keamanan telah dengan suara bulat menerima rekomendasi dari semua pejabat keamanan, kepala staf IDF, kepala Shin Bet, kepala Mossad dan kepala Dewan Keamanan Nasional, menerima prakarsa Mesir untuk gencatan senjata bilateral tanpa syarat apa pun, yang akan berlaku nanti.

Tentara IsraelSeorang tentara Israel berjalan di tempat pementasan di dekat perbatasan dengan Jalur Gaza(FOTO:The Times of Israel/AP)

Gencatan senjata itu diusulkan oleh Mesir dan akan saling menguntungkan dan tanpa syarat.

Bahkan Mesir mengirim delegasi keamanan ke Israel dan wilayah Palestina untuk membantu menegakkan gencatan senjata, kata TV pemerintah

Pimpinan politik Israel menekankan bahwa kenyataan di lapanganlah yang akan menentukan masa depan operasi tersebut.

Setelah pertemuan itu, seorang pejabat Hamas mengkonfirmasi kepada kantor berita Reuters bahwa gencatan senjata bersama dan serentak dengan Israel telah tercapai.

Pejabat senior Hamas, Osama Hamdan mengatakan kepada saluran berita Lebanon Al-Mayadeen bahwa gencatan senjata akan berlaku pada pukul 2 pagi.

Hamdan mengatakan bahwa Hamas telah menerima jaminan mengenai kebijakan Israel terhadap Syekh Jarrah dan Temple Mount di Yerusalem Timur.

warga PalestinaWarga Palestina duduk di tengah-tengah kerusakan setelah serangan udara Israel di Gaza. (FOTO: Al Jazeera/AP).

Kelompok teror Palestina telah mengaitkan permusuhan di Gaza dengan kerusuhan di Yerusalem yang terkait dengan doa di Temple Mount selama bulan suci Ramadan dan penggusuran sejumlah keluarga Palestina yang tertunda dari lingkungan Sheikh Jarrah.

"Perlawanan telah membentuk persamaan baru dan kemenangan baru," tambah Hamdan.

Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz membantah klaim Hamas tentang jaminan atas Yerusalem sebagai sepenuhnya salah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES