Kesehatan

Brokoli Sayur Hijau yang Kaya Manfaat

Kamis, 20 Mei 2021 - 04:22 | 165.15k
ILUSTRASI - Manfaat Brokoli. (FOTO: 123RF)
ILUSTRASI - Manfaat Brokoli. (FOTO: 123RF)

TIMESINDONESIA, JAKARTABrokoli salah satu sayuran favorit anak-anak. Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam sayur hijau ini. Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki  kalori yang sangat rendah, yaitu hanya 34 kalori per 100 g. 

Namun demikian, brokoli kaya serat, mineral, vitamin, dan anti-oksidan, yang terbukti banyak bermanfaat untuk kesehatan. Kekuatan total antioksidan diukur dari segi kapasitas penyerapan okseigen radikal oksigen (ORAC). 

Brokoli yang masih segar adalah gudang  nutrisi nabati seperti tiosianat, indoles, sulforaphane, isothiocyanate dan flavonoid seperti beta-karoten cryptoxanthin, lutein, dan zea-xanthin. Penelitian telah menunjukkan bahwa,  senyawa ini memberikan sinyal positif dengan memodifikasi pada tingkat reseptor molekul membantu melindungi kita dari berbagai jenis kanker, seperti  prostat, usus besar, kandung kemih, pankreas, dan kanker payudara. 

Brokoli kaya zat sebagai antioksidan alami yang kuat Brokoli sangat populer akan sumber yang kaya vitamin C. Brokoli mengandung 89,2 mg atau sekitar 150% per 100 g (RDA). Vitamin-C adalah anti-oksidan dan modulator kekebalan tubuh alami yang kuat, berguna membantu untuk melawan virus penyebab flu. 
Mengandung vitamin A untuk kesehatan mata Selain  mengandung antioksidan alami dari vitamin C , sumber antioksidan lain dari kepala brokoli adalah vitamin-A. 100 g Brokoli segar mengandung Vitamin A 623 IU, atau 21% dari tingkat kebutuhan harian yang direkomendasikan. 

Pro-vitamin lainnya pada brokoli seperti beta-karoten, alfa-karoten, dan zea-xanthin, berguna untuk membantu menjaga integritas kulit dan selaput lendir. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, dan akan membantu mencegah degenerasi makula pada retina pada lanjut usia. 

Daun Brokoli (pucuk hijau) merupakan sumber karotenoid dan vitamin A (16000 IU vitamin A per 100 g). Senyawa ini lebih banyak beberapa kali dari yang di bunga. 

Brokoli segar adalah sumber folat yang sangat baik , mengandung sekitar 63 μg/100 g (sebesar 16% dari RDA). Dari penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi sayuran segar dan buah-buahan yang kaya folat selama sebalum, dan kehamilan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi. 

Bunga brokoli merupakan sumber yang kaya vitamin-K, dan  kelompok vitamin  B-kompleks , seperti niacin (vit B-3), asam pantotenat (vit.B-5), piridoksin (vit.B-6), vitamin B-12, dan riboflavin. 

Bunga brokoli  juga mengandung asam lemak omega-3 selain ikan. Sumber mineral yang baik Brokoli juga merupakan sumber mineral yang baik, seperti kalsium, mangan, zat besi, magnesium, selenium, zinc dan fosfor.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES