Peristiwa Nasional

KA Lokal Walahar dan Jatiluhur Mulai Beroperasi

Selasa, 18 Mei 2021 - 19:44 | 43.87k
ilustrasi - Pemberangkatan Kereta Api. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)
ilustrasi - Pemberangkatan Kereta Api. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPT KAI Daop 1 Jakarta telah mengoperasikan Kereta Api (KA) Lokal Walahar dan Jatiluhur untuk melayani masyarakat yang akan berpergian mulai hari ini, Selasa (18/5/2021).

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan pengoperasian dua KA usai larangan mudik tersebut bersamaan dengan KA Lokal Merak yang kembali beroperasi melayani calon penumpang dari Stasiun Rangkasbitung tujuan Stasiun Merak (PP).

"KA Lokal Walahar melayani penumpang dari Stasiun Cikarang menuju Purwakarta, pulang pergi (PP) dengan tarif Rp4.000. Sebelumnya, pada masa normal sebelum pandemi KA Lokal Walahar memiliki relasi Stasiun Tanjung Priok-Purwakarta PP," ujar Eva dalam keterangan tertulis.

Saat ini, terdapat 5 perjalanan (PP) KA Lokal Walahar yang berangkat dari Stasiun Cikarang. KA tersebut melewati dan melayani naik-turun penumpang di Stasiun Lemahabang, Kedunggedeh, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, Cikampek, Cibungur, dan berakhir di Stasiun Purwakarta.

"Sedangkan untuk KA Lokal Jatiluhur relasi Stasiun Cikampek-Cikarang hanya melayani 1 perjalanan (PP) dengan tarif Rp3.000," imbuh Eva.

Ia juga menegaskan pengoperasian kembali KA Lokal itu tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran covid-19. Salah satunya dengan memberlakukan okupansi hanya 70 persen dari okupansi yang diizinkan pada saat normalnya sebanyak 150 persen untuk volume penumpang.

Ketentuan lainnya adalah calon penumpang dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk dan demam; calon penumpang wajib menggunakan masker serta suhu badan calon penumpang tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

"Masyarakat juga diimbau untuk menggunakan baju lengan panjang saat melakukan perjalanan menggunakan transportasi KA," jelasnya.

Sebagai informasi, perjalanan PT KAI Daop 1 Jakarta untuk KA Lokal Walahar berangkat dari Stasiun Cikarang pukul 05.45 WIB, 07.00 WIB, 11.20 WIB, 15.35 WIB, dan 18.37 WIB. Sementara dari Stasiun Purwakarta pukul 05.05 WIB, 09.00 WIB, 13.10 WIB, 14.45 WIB, dan 17.45 WIB.

Sedangkan keberangkatan KA Lokal Jatiluhur antara lain pukul 04.30 WIB dari Stasiun Cikampek, dan pukul 20.14 WIB dari Stasiun Cikarang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES