Kesehatan

Kenali Penyakit Anak-anak dan Penanganannya

Rabu, 19 Mei 2021 - 02:34 | 62.42k
Ilustrasi - anak sedang sakit (FOTO: Pinterest)
Ilustrasi - anak sedang sakit (FOTO: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPenyakit sering menyerang anak-anak karena imun anak belum sekuat orang dewasa sehingga membuatnya rentan.

Anak rentan terinfeksi virus karena kebersihan lingkungan maupun tubuh anak sangat mempengaruhi imun tubuhnya. Berikut ini penjelasan seputar penyakit yang diderita yang perlu orang tua tau

anak-sedang-sakit-2.jpg

1. Flu

Dengan kondisi yang tak menentu, seperti seringnya turun hujan tiba-tiba, dapat menyebabkan pilek dan flu, terutama pada anak. Setidaknya, ada lebih dari 200 virus yang dapat menyebabkan pilek atau penyakit yang juga disebut dengan salesma atau common cold ini. Pada umumnya, anak-anak bisa terserang flu sebanyak 8 hingga 12 kali dalam setahun, terutama balita yang sistem kekebalan tubuhnya masih berkembang.
Penyakit ini juga dapat ditandai batuk,demam dan sakit tenggorokan.

2.RSV

Infeksi saluran pernapasan.Respiratory syncytial virus (RSV) adalah penyakit infeksi pada saluran pernapasan anak. Penyakit infeksi pada anak ini biasanya tidak serius.

Namun, jika anak Anda masih berusia di bawah 2 tahun atau mempunyai penyakit jantung atau paru-paru, atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, infeksi ini dapat menyerang paru-paru dan menyebabkan pneumonia.

Jika buah hati Anda menunjukkan gejala seperti pilek, hidung meler, batuk, hidung mampet, masalah pernapasan, dan mudah rewel, hati-hati mungkin anak mengalami RSV. Waspadai jika muncul pada anak dibawah dua tahun.

3. Sakit perut

Penyakit ini disebut gastroenteris atau sakit perut bisa memicu diare,mual, serta muntah.

Sakit perut ringan kondisi ini terjadi ketika anak Anda mengalami sakit perut yang umumnya tidak diiringi gejala lain. Biasanya sakit perut jenis ini akan hilang dalam waktu kurang dari tiga jam. Kendati demikian, bila dibiarkan terjadi berulang, maka mungkin saja dapat berkembang menjadi lebih berat.

Umumnya sakit perut pada anak rentan terjadi pada usia 11 tahun ke bawah. Untuk anak-anak yang sudah bicara, mereka bisa memberi tahu Anda ketika mengalami sakit perut atau menunjuk ke arah perutnya yang sakit. 

4. Roseola

Infeksi virus yang ditandai dengan demam dan ruam merah pada kulitInfeksi virus umum pada anak-anak yang dapat menyebabkan demam tinggi dan ruam.

Roseola adalah infeksi ringan umum yang disebabkan oleh dua jenis virus herpes. Kondisi umum ini biasanya memengaruhi anak-anak pada usia dua tahun, dan terkadang memengaruhi orang dewasa.

Roseola sering menyerang bayi dan anak-anak dengan rentang usia 6–24 bulan, sehingga dikenal juga dengan sebutan roseola infantum. Walaupun lebih sering dialami oleh bayi dan anak-anak, remaja dan orang dewasa yang belum pernah terinfeksi sebelumnya juga bisa mengalami roseola.

Konsultasi ke dokter jika memang kondisi Penyakit anak-anak sudah tidak dapat ditangani dirumah, karena bisa jadi itu adalah gejala-gejala penyakit berat yang menyerang buah hati anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES