Gaya Hidup

Dokter Michael Lawanto, Sosok Dokter Muda dan Pebisnis Tangguh

Selasa, 18 Mei 2021 - 16:33 | 193.22k
dr Michael Lawanto, Owner Honey Pok dan Klinik dr MF Beauty Skin, Selasa (18/5/2021). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
dr Michael Lawanto, Owner Honey Pok dan Klinik dr MF Beauty Skin, Selasa (18/5/2021). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Siapa sangka hobi ngemil makanan bisa mengantarkan seseorang menjadi pebisnis sukses. Seperti kisah dokter muda kelahiran Surabaya, dr Michael Lawanto. Ia merupakan Owner Honey Pok.

Dokter Michael adalah dokter muda lulusan S1 pendidikan dokter umum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya tahun 2016.

Michael dikenal ulet dan memiliki jiwa kewirausahaan yang sangat tangguh. 

Keputusan mendirikan cemilan ayam bernama Honey Pok sendiri ia akui berkat hobi ngemil yang ia lakukan semasa masih kuliah di Surabaya.

Dari hobi ini kemudian muncul ide untuk menjadi pelaku usaha di bidang kuliner.

dr Michael Lawanto menceritakan, awal mendirikan usaha ini ia bermodal Rp 100 juta.

Dia langsung memilih Banjarmasin menjadi lokasi pertama untuk membuka dan menjalankan bisnis cemilan ayam Honey Pok pada tahun 2015 silam. 

Michael-Lawanto-Owner-Honey-Pok-dan-Klinik-dr-MF-Beauty-Skin-2.jpgDr Michael saat treatment pasien dr MF Beauty Skin, Selasa (18/5/2021).(FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

"Mengapa saya pilih Banjarmasin bukan Kota Surabaya. Karena, di Surabaya bisnis yang serupa dengan Honey Pok sudah banyak dilakukan pelaku usaha kuliner. Ini yang membuat saya sedikit khawatir Honey Pok tidak bisa berkembang cepat,” kata dr. Michael saat dijumpai di Beauty Skin dr. MF Surabaya, Selasa (18/5/2021). 

Ternyata, lanjut dr. Michael yang juga Owner Klinik dr MF beauty Skin ini, baru tiga bulan bisnis Honey Pok berjalan, ratusan warga Banjarmasin silih berganti tiap harinya datang ke Duta Mall hanya untuk membeli cemilan ayam crispy dengan taburan saus madu.

Singkat cerita, karena hampir seluruh warga Banjarmasin mengakui ayam crispy yang ia jual worth it untuk dicemil, akhirnya ia berniat melakukan ekspansi bisnis ke Surabaya satu tahun kemudian atau tepatnya pada tahun 2016 bertempat di Mall Ciputra.

"Puji syukur rasa dari ayam crispy Honey Pok bisa diterima meski perlu melalui beragam rintangan. Bahkan, karena semakin tenarnya, dalam setahun (2016) Honey Pok langsung buka cabang di Lenmarc dan Pakuwon Mall Surabaya,” terangnya.

Saus madu yang menjadi ciri khas ayam crispy tak hanya membuat Honey Pok sukses di wilayah Surabaya Raya saja. Honey Pok juga membuka cabang gerai baru di Sun City dan Lippo Mall Sidoarjo.

Hingga pada akhirnya di tahun 2018, dr. Michael memutuskan untuk menjadikan usaha Honey Pok itu dengan sistem bisnis warabala.

Michael-Lawanto-Owner-Honey-Pok-dan-Klinik-dr-MF-Beauty-Skin-3.jpgDr Michael Lawanto bersama sang istri, dr Farrah, Selasa (18/5/2021). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia) 

Keputusan tersebut diambil karena dirinya tidak ingin meninggalkan jiwa kedokteran pascalulus di 2016. 

“Namun, di satu sisi saya juga tidak ingin menjual Honey Pok. Maka dari itu langkah yang tepat saya pikir ya membuatnya menjadi franchise," tandasnya.

Resmi menjadi warabala di 2018, selama setahun hingga 2019 Honey Pok pun telah ada di hampir seluruh Wilayah Indonesia. Total franchise Honey Pok ada sebanyak 35 cabang pada 2019 dan 14 di antaranya milik dr. Michael sendiri. 

Perlu diketahui, perjalanan dr Michael menjadi pebisnis sukses dalam menahkodai Honey Pok tak melulu menemui jalan mulus bak jalan tol.

dr Michael mengatakan dirinya merupakan orang biasa yang lahir dari keluarga yang sederhana.

Bahkan, saat mendaftar kuliah kedokteran di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, orangtuanya sempat terlambat untuk membayar uang kuliah.

Berawal dari keterlambatan membayar SPP itulah dr Michael tercetus ide untuk menjalankan bisnis kuliner Honey Pok hingga menjadi pebisnis sukses seperti sekarang ini.

"Tapi karena orangtua telat membayar kuliah, malah mendorong saya untuk bisa menjadi sukses hingga saat ini. Kerja apapun pernah saya lakukan. Saya pernah menjadi reseller menjual produk apapun. Setiap orang yang saya kenal saat menjual barang selalu saya tawarkan bantuan penjualan," curhat dr. Michael. 

dr Michael Lawanto juga berpesan bahwa, keberhasilan dalam berbisnis kuliner ini sendiri sebenarnya kunci utamanya adalah memilih orang yang jujur. Oleh karena itu, Sumber Daya Manusia (SDM) yang dipekerjakan di setiap cabang Honey Pok selalu yang jujur dan ulet. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES