Wisata

Ini Destinasi Wisata Sumatera Barat yang Tetap Buka pada Lebaran Idul Fitri 2021

Selasa, 18 Mei 2021 - 14:22 | 68.79k
Destinasi wisata di Kota Pariaman, Sumatera Barat. (FOTO: Disparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)
Destinasi wisata di Kota Pariaman, Sumatera Barat. (FOTO: Disparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PARIAMAN – Ingin lebaran Idul Fitri 2021 dengan berwisata di Sumatera Barat? Sayangnya tak semua destinasi dibuka pada hari kemenangan umat muslim ini. Tapi tak perlu khawatir. Karena masih ada 4 kabupaten dan kota yang tetap membuka tempat wisata. Yakni daerah yang berada di zona kuning Covid-19. Salah satunya adalah Kota Pariaman. Kota dengan segudang destinasi yang indah bak surga dunia.

Wali Kota Pariaman, Dr. H. Genius Umar, S.Sos, M.Si menyampaikan, meski destinasi wisata di daerahnya tetap dibuka untuk umum.

Setiap pengunjung diwajibkan untuk menjalankan 3 M. Alias mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Atau diharuskan mematuhi protokol kesehatan.

Penerapan protokol kesehatan tersebut juga dalam pengawasan petugas gabungan.

Destinasi-wisata-di-Kota-Pariaman-Sumatera-Barat-2.jpg

Terdiri dari Kodim 0308 Pariaman, Polres Pariaman, Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Termasuk Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman.

“Semua kami lakukan untuk memastikan para wisatawan aman dari risiko penyebaran Covid-19. Sekaligus upaya kami guna memberi pelayanan dan kenyamanan,” katanya, Selasa (18/5/2021).

Kota Pariaman, lanjut Genius Umar, dinobatkan sebagai yang terbaik dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Dengan poin pencapaian diangka 2,99. Maka jangan heran, daerah berjuluk The Sun Set City of Indonesia ini selalu menjadi yang terdepan dalam penerapan protokol kesehatan. Khususnya di area tempat wisata.

“Apalagi pada momentum lebaran selalu terjadi lonjakan jumlah pengunjung tempat wisata,” ungkap Genius Umar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman, Sumatera Barat, Dwi Marhen Yono, S.Stp, M.Si menyampaikan, dalam memastikan penerapan protokol kesehatan, pihaknya juga melakukan sidak secara berkala.

Di antaranya dilakukan pada Sabtu (15/5/2021) lalu.

Guna memastikan seluruh destinasi menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, Wali Kota Pariaman langsung turun ke lapangan.

Didampingi TNI Polri dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Destinasi-wisata-di-Kota-Pariaman-Sumatera-Barat-3.jpg

“Kami batasi jumlah pengunjung, maksimal 25 persen dari kapasitas normal,” katanya.

Keberadaan petugas pengecekan suhu, masih Dwi Marhen, tempat cuci tangan dan hand sanitizer akan dijumpai wisatawan di seluruh destinasi di Kota Pariaman.

Seperti di Pantai Gandoriah, Pantai Kata, Pantai Talau Pauh, Pulau Angso Duo serta lainnya.

“Maka bisa kami pastikan bahwa berwisata lebaran di Kota Pariaman, aman dari risiko penyebaran Covid-19. Wisatawan pun lebih nyaman dan tentunya liburan akan lebih berkesan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, pada lebaran Idul Fitri 2021, ada 4 daerah zona kuning Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang tetap diizinkan membuka destinasi wisata.

Selain Kota Pariaman, ada Kota Solok, Kabupaten Dharmasraya, dan Mentawai.

Namun ada catatan khusus tentang Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Daerah berjuluk The Sun Set City of Indonesia ini dikenal kaya akan destinasi wisata dengan keindahan bak surga dunia.

Kota Pariaman juga merupakan Kota Festival satu-satunya di Provinsi Sumatera Barat.

Dengan me-launching Pariaman Festival 2021, disuguhkan 45 festival di sepanjang tahun. Yang terdiri dari festival seni budaya, sport tourism, kreativitas pemuda dan lainnya. Menarik bukan? Yuk kita lebaran dan berwisata ke Kota Pariaman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES