Wisata

Lebaran, Berwisata ke Kota Pariaman Dijamin Aman, Nyaman, dan Berkesan

Selasa, 18 Mei 2021 - 13:31 | 47.81k
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman, Sumatera Barat, Dwi Marhen Yono, S.Stp, M.Si, saat menggelar sidak penerapan protokol kesehatan destinasi wisata. (FOTO: Disparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman, Sumatera Barat, Dwi Marhen Yono, S.Stp, M.Si, saat menggelar sidak penerapan protokol kesehatan destinasi wisata. (FOTO: Disparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PARIAMAN – Berwisata ke Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) dapat menjadi pilihan dalam merayakan lebaran Idul Fitri 2021. Karena seluruh destinasi di daerah berjuluk The Sun Set City of Indonesia ini dijamin aman dari penyebaran Covid-19.

Yang tentu saja akan menambah kenyamanan wisatawan dan juga berkesan.

Lantas bagaimana upaya Pemerintah Kota Pariaman, Sumbar untuk menyuguhkan wisata aman, nyaman, dan berkesan di tengah pandemi?

Salah satu aturan wajib adalah penerapan protokol kesehatan. Wisatawan diharuskan mengenakan masker. Di setiap tempat wisata dilengkapi petugas pengecekan suhu. Serta disiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

Tak hanya itu, Wali Kota Pariaman, Dr. H. Genius Umar, S.Sos, M.Si, bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Dwi Marhen Yono, S.Stp, M.Si, juga melakukan sidak secara berkala. Di antaranya dilakukan pada Sabtu, 15 Mei 2021 lalu.

Guna memastikan seluruh destinasi menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, mereka langsung turun ke lapangan.

Didampingi TNI Polri dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

menggelar-sidak-penerapan-protokol-kesehatan-destinasi-wisata.jpg

“Kami ingin Kota Pariaman menjadi kota wisata yang terdepan dalam pelaksanaan protokol kesehatan,” ucap Genius Umar, Selasa (18/5/2021).

Mengingat pada momentum lebaran Idul Fitri, selalu terjadi lonjakan pengunjung tempat wisata, maka program CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability) harus benar-benar diterapkan. Sesuai arahan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Penerapan protokol kesehatan merupakan salah satu bentuk pelayanan kami kepada wisatawan. Sekaligus wujud keseriusan kami dalam mendorong percepatan ekonomi masa pandemi melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ungkap Wali Kota Genius Umar.

Kadisparbud Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono, S.Stp, M.Si menambahkan, keberadaan petugas pengecekan suhu, tempat cuci tangan dan hand sanitizer akan dijumpai wisatawan di seluruh destinasi di Kota Pariaman.

Seperti di Pantai Gandoriah, Pantai Kata, Pantai Talau Pauh, Pulau Angso Duo serta lainnya.

“Pemerintah Kota Pariaman pun hadir, datang ke lapangan untuk memastikan protokol kesehatan terlaksana dengan baik,” katanya.

Yang istimewa, penerapan protokol kesehatan di area tempat wisata Kota Pariaman tersebut bukan hanya dilakukan pada lebaran Idul Fitri 2021 ini saja.

Tapi sudah menjadi aturan wajib di seluruh destinasi.

“Karena kami ingin memastikan bahwa liburan di Kota Pariaman aman dari risiko penyebaran Covid-19, memberikan rasa nyaman kepada wisatawan serta memastikan kunjungan wisata lebih berkesan,” cetus Dwi Marhen, sapaan akrab Kadisparbud Kota Pariaman.

Ada yang perlu diketahui wisatawan tentang Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Daerah berjuluk The Sun Set City of Indonesia ini kaya akan destinasi wisata dengan keindahan bak surga dunia.

Kota Pariaman juga dikenal sebagai Kota Festival satu-satunya di Provinsi Sumatera Barat.

Dengan me-launching Pariaman Festival 2021, disuguhkan 45 festival disepanjang tahun.

Yang terdiri dari festival seni budaya, sport tourism, kreativitas pemuda dan lainnya. Menarik bukan? Yuk kita berwisata ke Kota Pariaman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES