Kopi TIMES

Ngopi Pagi: Fokus

Selasa, 18 Mei 2021 - 07:00 | 88.24k
Noor Shodiq Askandar
Noor Shodiq Askandar

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sahabat ngopi pagi, salah satu jalan sukses itu adalah jika kita mau fokus atas usaha yang dilakukan. Artinya fikiran dan Tindakan harus betul betul mengarah kepada perbaikan dan pengembangan usaha yang dijalani terlebih dahulu sampai ketemu jalan terbaik. Jangan belum selesai pada satu masalah, sudah beralih pada masalah yang lain. Kenapa demikian ? karena jika ini yang terjadi, maka usaha satu belum dapat berjalan dengan baik, sudah berfikir atas usaha yang lain. Akibatnya kemudian sama sama tidak dapat berjalan sebagaimana yang diinginkan.

Saat saya berdiskusi dengan beberapa kawan wirausaha, saya mendapatkan banyak pembelajaran tentang pentingnya focus agar usaha segera memperoleh keberhasilan. Atau minimal dalam waktu yang tidak terlalu lama sudah mulai menunjukkan perkembangan dan pertumbuhan yang baik, dan dengan arah yang benar, sehingga jalan suksesnya sebuah usaha sudah mulai terlihat.

Pertama, dalam berusaha orang bisa fokus pada sisi beda usaha dibanding dengan usaha lain yang sejenis. Perbedaan ini yang bisa jadi menjadikan daya tarik bagi konsumen. Apalagi bagi konsumen Indonesia yang suka sekali mencoba sesuatu yang baru. Sama sama warung nasi, akan tetapi menawarkan sensasi pedas bisa jadi salah satu pembeda dan faktor sukses sebuah usaha

Kedua, fokus pada sisi unik dari produk yang kita tawarkan. Produk dengan keunikan tertentu seringkali dapat menarik secara cepat perhatian calon pelanggan. Bahkan terkadang orang kurang peduli terhadap produk utama, akan tetapi lebih fokus kepada keunikan yang ditawarkan. Sama rasanya, tetapi ditawarkan dengan keunikan dimana orang bisa menyiapkan sendiri, masak sendiri, mengatur porsinya sendiri, dan lain lain, bisa membuat orang datang karena merasa mendapatkan sensasi baru.

Ketiga, fokus pada perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapannya bisa juga menjadi pilihan untuk sukses dalam berusaha. Beberapa hal yang mungkin bisa dilihat : kapan saja mereka datang, sendiri atau bersama keluarga, kendaraannya apa, beli dibungkus atau dimakan di tempat, orang dari dalam kota atau luar kota, dan lain sebagainya. Jika data ini bisa dipunya, maka akan menjadi lebih mudah untuk membuat standar layanan yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Tidak peduli dalam usaha atau dalam profesi apapun, fokus itu sangat penting karena pada saatnya akan dapat menjadi sebuah identitas yang melekat pada diri maupun produk usaha. Jika identitas sudah menjadi kuat, maka pelanggan akan lebih gampang didapat. Begitu juga jalan sukses akan menjadi lebih dekat. Lihatlah gus Dur dengan konsistensi perjuangan di bidang kemanusiaan, KH Zainudin MZ dan KH Yasin Yusuf dalam cara berdakwah, Bob Sadino yang sukses mengembangkan usaha, dan lain sebagainya. Semuanya bisa dalam pencapaian tersebut karena salah satunya adalah mereka fokus terhadap apa yang diusahakan. Bagaimana dengan sahabat ngopi pagi semua ???. (*)

***

*) Oleh : Noor Shodiq Askandar, Ketua PWLP Maarif NU Jatim dan Wakil Rektor 2 Unisma Malang.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

___________

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES