Pemerintahan

Masih Pandemi Covid-19, Hari Jadi ke-105 Kabupaten Sleman Digelar Sederhana

Senin, 17 Mei 2021 - 23:40 | 43.72k
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo ketika potong tumpeng di Pendapa Pemkab Sleman. (FOTO: Humas Pemkab Sleman for TIMES Indonesia)
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo ketika potong tumpeng di Pendapa Pemkab Sleman. (FOTO: Humas Pemkab Sleman for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Di tengah situasi pandemi Covid-19, peringatan Hari Jadi ke-105 Kabupaten Sleman diselenggarakan secara sederhana, Senin (17/5/2021).

Acara bertema Optimalisasi Potensi Lokal Dalam Rangka Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Masyarakat ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Pendapa Pemkab Sleman.

“Karena masih pandemi, kami berharap perayaan Hari Jadi Sleman ke-105 ini tetap mematuhi prokol kesehatan,” kata Kustini SP.

Kustini menambahkan, sejumlah kegiatan yang biasa digelar saat hari jadi terpaksa ditiadakan.

Seperti, kirab Bedhol Projo dan kirab pusaka Tombak Kyai Turunsih di Lapangan Denggung.

Kustini-Sri-Purnomo-2.jpg

Sebagai gantinya, acara puncak Hari Jadi Kabupaten Sleman digelar secara sederhana di Pendapa Parasamya Kabupaten Sleman dengan pemotongan tumpeng.

“Di hari jadi ke-105 Kabupaten Sleman ini saya berharap masyarakat senantiasa memberikan dukungan dan berpartisipasi secara aktif dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Sleman,” jelas Kustini.

Kustini menjelaskan, berbagai penghargaan berhasil diraih oleh Pemkab Sleman.

Antara lain, penghargaan tingkat nasional Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019 dengan predikat “A” dari Menteri PANRB, penghargaan tingkat nasional kepada Bupati Sleman sebagai Top Pembina BUMD Awards 2020, dan penghargaan tingkat nasional The 4th Indonesia Smart Nation Award kategori Smart Living atas inovasi Pemkab Sleman dalam Gerakan Candak Mas Covid (Cari dan Kendalikan Masalah Covid-19).

Kemudian, penghargaan tingkat nasional Pengelola Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik dari Menteri PANRB, dan penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2020 dari Kemenkumham.

“Semoga prestasi yang telah diraih tersebut dapat kita pertahankan dan kita tingkatkan diwaktu-waktu yang akan dating, tentu demi terwujudnya masyarakat Sleman yang lebih sejahtera,” papar Kustini.

Ketua panitia hari jadi ke-105 Kabupaten Sleman, Drs Kunto Riyadi MPPM mengatakan, sejumlah kegiatan diselenggarakan dalam rangka hari jadi ke-105 Kabupaten Sleman.

Namun, acara diselenggarakan secara sederhana dan tetap mematuhi protokol Kesehatan.

Kustini-Sri-Purnomo-3.jpg

Di antaranya, yakni jamasan puaka tombak Kyai Turunsih, Bhakti Sosial berupa 1.850 paket sembako untuk 17 kapanewon, 85 paket bantuan untuk yatim piatu, 800 paket sembako untuk disabelitas, 3.000 paket bantuan rois Kabupaten Sleman, operasi katarak gratis untuk 40 pasien, dan seminar terkait efektivitas vaksinasi Covid-19.

Selain itu, lomba Evaluasi Perkembangan Desa Dan Kalurahan Tingkat Kabupaten.

Terbaik 1 berhasil diraih oleh Kalurahan Tamanmartani Kapanewon Kalasan yang mendapat piagam dan uang pembinaan Rp 110 juta.

Terbaik kedua yakni kalurahan Widodomartani Kapanewon Ngemplak dan berhak mendapat piagam dan uang pembinaan Rp 60 juta.

Untuk terbaik keempat diraih oleh Kalurahan Sardonoharjo Kapanewon Ngaglik dan mendapatkan piagam serta uang pembinaan sebesar Rp 30 juta.

Sedangkan untuk harapan 1 diraih oleh Kapanewon Umbulharjo Kapanewom Cangkringan dan mendapatkan piagam serta uang pembinaan Rp 25 juta.

“Untuk harapan 2 yakni Kalurahan Madurejo Kapanewon Prambanan dan berhak mendapatkan piagam serta uang pembinaan sebesar Rp 15 juta,” terang Kunto.

Di tengah situasi pandemi Covid-19, peringatan Hari Jadi ke-105 Kabupaten Sleman diselenggarakan secara sederhana, Senin (17/5/2021). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES