Politik

Hari Buku Nasional, Senator Fachrul Razi: Pupuk Generasi Aceh dengan Membaca

Senin, 17 Mei 2021 - 22:25 | 36.57k
Ketua Komite I DPD RI, H. Fachrul Razi, M.IP (FOTO: For TIMES Indonesia)
Ketua Komite I DPD RI, H. Fachrul Razi, M.IP (FOTO: For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, ACEH – Memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh hari ini 17 Mei 2021, Ketua Komite I DPD RI, H. Fachrul Razi, M.IP turut mengingatkan pemuda Aceh untuk terus bersaing secara nasional dan tingkatkan literasi membaca.

Mengingat literasi Aceh, khususnya dalam minat membaca buku masih sangat rendah secara nasional, Fachrul Razi mengajak anak muda Aceh terus mengasah, memupuk diri dengan mendalami keilmuan sesuai yang diminati.

"Mari pupuk generasi muda Aceh dengan membaca. Intinya membaca adalah jendela dunia, tanpa membaca maka akan buta tentang dunia," ujar Fachrul dalam keterangannya diterima TIMES Indonesia, Senin (17/5/2021).

Menurut Alumni Politik Universitas Indonesia tersebut, meningkatkan minat literasi anak muda kunci Aceh kembali dipandang sebagai provinsi yang benar-benar melekat Serambi Mekkahnya.

"Artinya di provinsi ini menurut catatan sejarah banyak lahir ilmuan cendikiawan agama. Nah, generasi kita sekarang bagaimana?" terangnya. 

Menurut penelitian Kementerian Pendidikan yang dirilis April 2019 lalu menyebutkan, indeks aktifitas literasi dan membaca Indonesia berada pada angka 37,32 dari skala 0 - 100.

Untuk posisi Indeks aktifitas literasi dan membaca Aceh sendiri berada pada angka 34,37.

Angka literasi Aceh berarti berada di bawah rata-rata nasional.

Sementara data Unesco mencatat minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,01 persen.

Artinya hanya 1 dari 1.000 orang yang punya minat baca tinggi di Indonesia.

Lembaga Most Littered Nation in The World juga mencatat bahwa tingkat literasi Indonesia berada di urutan ke-60 dari 61 negara yang diteliti.

Hanya Botswana yang peringkatnya lebih tinggi dari Indonesia yaitu peringkat 61.

Memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh hari ini 17 Mei 2021, Ketua Komite I DPD RI, H. Fachrul Razi, M.IP turut mengingatkan pemuda Aceh untuk terus bersaing secara nasional dan tingkatkan literasi membaca. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES