Peristiwa Daerah

Satgas Temukan Tiga Kasus Covid-19 Varian UK dan Afrika Selatan di Jatim

Senin, 17 Mei 2021 - 18:23 | 36.63k
Ilustrasi Corona. (foto: Shutterstock)
Ilustrasi Corona. (foto: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, SURABAYASatgas menemukan tiga kasus varian baru Covid-19 di Jawa Timur. Masing masing berada di Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jember dengan varian B.1.17 UK strain, dan Kabupaten Sampang dengan varian B.1.351 strain Afrika Selatan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, virus varian baru tersebut dibawa oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Jatim.

Kini mereka sudah mendapat penanganan di Rumah Sakit Darurat Lapangan Indrapura.

"Sedang dirawat di Rumah Sakit Darurat Lapangan Indrapura. Mereka ditempatkan di kamar khusus, baik yang dari Sampang maupun dari Jember," ujarnya, Senin (17/5/2021).

Sementara untuk kasus yang di Mojokerto, dinyatakan sudah sembuh.

Lantaran yang bersangkutan tidak mengalami gejala, atau cenderung Orang Tanpa Gejala (OTG).

Namun demikian, sudah dilakukan tracing terhadap kontak erat.

"Ada dua varian yang berbeda, satu B.1.17 itu berarti strain UK, kemudian satu B.1.351 strain dari Afrika Selatan. Sama-sama di dalam penanganan cukup ketat lah," imbuhnya.

Kini kedua pasien tengah menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat Indrapura Surabaya.

Khofifah juga berpesan agar pasien lain tidak perlu khawatir, lantaran keduanya ditempatkan di kamar yang berbeda.

"Mereka masing-masing ada di kamar sendiri, jadi seluruh pasien di Rumah Sakit Darurat Lapangan nggak usah khawatir, karena proses penanganannya Insyaallah cukup ketat," tegasnya.

Sementara itu, Koordinator Tim Tracing Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jatim, dr. Kohar Hari Santoso menyebut, pencarian kontak erat terhadap kedua pasien telah dilakukan.

"Jadi kami sudah ikuti ke rumahnya, dan mereka sudah pada posisi sudah di karantina dan isolasi, jadi Insyaallah penyebarannya terkendali," katanya singkat.

Kondisi kesehatan kedua pasien, kata Direktur RSUD Syaiful Anwar Malang ini, dalam keadaan baik, dan tercatat tanpa gejala.

Untuk diketahui, Satgas menemukan tiga kasus varian baru Covid-19 di Jawa Timur. Masing masing berada di Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jember dengan varian B.1.17 UK strain, dan Kabupaten Sampang dengan varian B.1.351 strain Afrika Selatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES