Peristiwa Daerah

Ini Upaya Satgas Covid-19 Indramayu Menekan Laju Kasus Covid-19 Pasca Lebaran

Senin, 17 Mei 2021 - 17:08 | 40.89k
Penutupan obyek wisata di Kabupaten Indramayu sebagai upaya menekan laju kasus Covid-19.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Penutupan obyek wisata di Kabupaten Indramayu sebagai upaya menekan laju kasus Covid-19.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYUSatgas Covid-19 Indramayu terus melakukan upaya antisipasi penyebaran Covid-19 pada masa arus balik Lebaran 2021. Salah satunya adalah melakukan tes swab antigen bagi para pengendara roda dua maupun empat, yang melintasi di wilayah Kabupaten Indramayu.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara menjelaskan swab antigen kepada para pengendara ini dilakukan, guna memutus penyebaran Covid-19 pada situasi arus balik lebaran Idul Fitri 1442 H.

Terdapat tiga lokasi penyekatan jalur arus balik yang melintasi wilayah Kabupaten Indramayu yakni Posko Pengamanan Lingkar Lohbener, Posko Pintu Masuk Tol Cikedung, dan Posko Pengamanan Lingkar Sukagumiwang.

"Kita bekerjasama dengan Satlantas Polres Indramayu melakukan pengujian test swab antigen bagi pengendara roda dua dan empat," jelaanya kepada TIMES Indonesia, Senin (17/5/2021).

Deden melanjutkan pengambilan sampel test swab antigen tersebut dilakukan secara acak dengan target sebanyak 1000 pemudik. Diharapkan, para pemudik sudah memiliki kepastian terhadap kondisi kesehatan jiwa dan terhindar dari penyebaran Covid-19, mengingat saat ini sangat dimungkinkan penyebaran virus tersebut masih terjadi.

"Apabila ada yang positif, maka kita amankan dan suruh putar balik atau isolasi mandiri," ujarnya.

Setelah pengendara tersebut menjalani test, lanjutnya, maka kendaraannya akan ditempel stiker dari Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, sebagai bukti bahwa pengendara tersebut sudah melakukan test swab antigen.

"Guna memastikan pengemudi kendaraan sudah dilakukan test swab antigen maka setiap kendaraan ditempel stiker dari Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu," ujarnya.

Deden menambahkan, tes swab antigen dan penyekatan tersebut akan dilaksanakan hingga tanggal 17 Mei 2021 hari ini. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada perpanjangan hingga minggu depan, apabila ada arahan dari pemerintah pusat.

"Apabila ada arahan perpanjangan dari pemerintah pusat, maka tes swab antigen dan penyekatan di pos ini juga akan diperpanjangan," ujarnya.

Upaya lain yang dilakukan oleh tim Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, lanjut Deden, adalah penutupan sejumlah obyek wisata yang sudah dimulai sejak pukul 11.30 WIB hari Minggu (16/5/2021) kemarin, hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Deden menjelaskan penutupan obyek wisata ini merupakan kesepakatan dari jajaran Forkopimda Kabupaten Indramayu demi menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Indramayu. Serta melindungi masyarakat agar tidak terpapar Covid-19 sekaligus mengantisipasi jangan sampai terjadi lonjakan kasus yang sama.

"Penutupan diawali dari Pantai Karangsong, Pantai Balongan Indah, hingga ke tempat lainnya," ujarnya.

Selain itu, upaya yang dilakukan oleh tim Satgas Covid-19 Indramayu dalam menekan dan antisipasi angka kenaikan positif Covid-19 selama musim Lebaran 2021 adalah dengan melakukan tracing, testing, dan treatment melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pihaknya pun bekerja sama dengan Satgas Covid-19 tingkat kecamatan, untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. "Kita aktifkan tracing, testing, dan treatment," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES