Kuliner

Intip Cara Membuat Kue Nastar dan Kue Putri Salju

Kamis, 13 Mei 2021 - 01:12 | 82.52k
Cara membuat kue nastar dan kue putri salju sederhana. (FOTO: :HappyFresh dan m.money.id)
Cara membuat kue nastar dan kue putri salju sederhana. (FOTO: :HappyFresh dan m.money.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTAHari Raya Idul Fitri identik identik dengan beberapa jenis kue yang wajib disajikan sebagai suguhan saat lebaran.

Namun, setiap orang biasanya memiliki pilihan yang berbeda-beda untuk menyuguhkan kue lebaran. Seperti dua jenis kue ini biasanya menjadi suguhan saat lebaran, yakni Kue kering nastar dan juga kue putri salju yang menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia.

Kue Nastar sebenarnya berasal dari bahasa Belanda ananas dan taart yang berarti tart nanas atau kue nanas. Kue asal Belanda ini awalnya diisi blueberry dan apel.

Tetapi, karena blueberry dan apel tidak mudah ditemukan di Indonesia, maka isi nastar diganti dengan nanas. Bentuk nastar pada mulanya bulat. Namun kini bentuk nastar kian bervariasi.

Selain itu, ada juga kue putri salju.

Kue ini tidak hanya ada di Indonesia, tetapi terkenal juga di Jerman dan Austria lho. Di sana, putri salju disebut Vanillekipferl. Bahkan ada yang menyebut juga bahwa negara asal kue putri salju yang kita kenal adalah Austria.

Diantara kedua kue tersebut, ternyata memiliki bahan baku yang hampir sama dan tentunya mudah untuk dibuat sendiri. Berikut cara membuat kue nastar dan kue putri salju untuk suguhan saat lebaran.

1. Kue Nastar

kue-nastar.jpg

Untuk membuat kue nastar, bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah Tepung terigu 1 kg, Butter 650 gr, Mentega 100 gr, Susu bubuk 60 gr, Gula halus, dan Kuning telur 4 butir.

Setelah bahan disiapkan, lalu semua bahan dicampur. Yang pertama kocok telur sampai mengembang, setelah mengembang masukan tepung terigu, susu bubuk, dan juga mentega serta butter yang sebelumnya sudah dicairkan.

Lalu aduk sampai merata, dan bahan-bahan kue nastar siap untuk dibentuk bulat dan ditambahkan dengan selai nanas didalamnya

2. Kue Putri Salju

kue-putri-salju.jpg

Bahan-bahan untuk membuat kue nastar dan putri salju sebenarnya hampir sama. Cukup siapkan Tepung terigu 1 Kg, Tepung maezena 250 g, Kuning telor 4 butir, Gula halus 500 g, Mentega 350 g, Butter 350 g, dan garam 1/4 sendok teh.

Untuk cara pembuatan kue putri salju pun sama. Dengan mencampurkan semua bahan-bahan yang sudah disiapkan, lalu aduk sampai merata.

Kemudian, cetak adonan sesuai selera dengan berbagai macam bentuk yang diinginkan, lalu masukan kedalam loyang yang sudah di olesi margarin. Setelah kue matang, bisa ditaburi dengan gula halus atau gula donat.

Proses memanggangnya sendiri, untuk kue nastar dan kue putri salju cukup 20 menit saja. Setelah matang, kue nastar dan kue putri salju bisa disantap. Selamat mencoba! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES