Peristiwa Daerah

KMI Korea Selatan Salurkan Zakat Fitrah Melalui NU Sumberejo di Kabupaten Malang

Rabu, 12 Mei 2021 - 22:51 | 43.83k
NU Sumberejo ketika menyalurkan zakat fitrah kepada yang berhak menerima. (FOTO: NU Sumberejo for TIMES Indonesia)
NU Sumberejo ketika menyalurkan zakat fitrah kepada yang berhak menerima. (FOTO: NU Sumberejo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebanyak 500 paket zakat fitrah yang berasal dari umat dan Komunitas Muslim Indonesia atau KMI Korea Selatan dibagikan NU Sumberejo di Kabupaten Malang, pada Hari Raya Idul Fitri kali ini.

Zakat fitrah disalurkan kepada delapan asnaf atau golongan yang berhak menerima zakat sebagaimana diatur dalam hukum syari'at. Tidak hanya mustahiq zakat di sumberejo saja, namun juga di beberapa desa yang berdekatan.

NU Sumberejo, tersebut tepatnya berada di Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, yang konsisten dalam mengelola dana umat dengan menerapkan metode syariah.

NU-Sumberejo-2.jpgProses pendistribusian zakat fitrah yang dilakukan NU Sumberejo. (FOTO: NU Sumberejo for TIMES Indonesia)

“Penyaluran zakat fitrah dilakukan dengan beberapa prinsip pendistribusian, terutama prinsip syariah," ujar Ketua Lazisnu Sumberejo, H. Syamsul Arifin, Rabu (12/5/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, pelaksanaan program pendistribusian zakat fitrah harus akuntabel dan transparan. Selain harus mematuhi prosedur, pendistribusian beras fitrah harus terbuka, dengan memetakan mustahik.

"Dalam menyalurkan zakat, infak dan sodakoh kami mengutamakan transparansi. Laporan bisa dipantau di www.nusumberejo.com," urainya.

NU-Sumberejo-3.jpgIbu-Ibu NU Sumberejo juga menyalurkan zakat fitrah. (FOTO: NU Sumberejo for TIMES Indonesia)

Menurutnya, program ini bertujuan mendorong penguatan pelaksanaan zakat di tengah masyarakat, sehingga banyak masyarakat yang termotivasi untuk segera menunaikan zakatnya.

"Kami mendorong umat Islam khususnya di Sumberejo, baik zakat mal maupun zakat fitrah yang menjadi kewajiban," tuturnya.

Selanjutnya dia mengucapkan terimakasih kepada masyarakat desa dan khususnya KMI Korea Selatan yang telah mempercayakan NU Sumberejo di Kabupaten Malang dalam menyalurkan zakat fitrah pada Hari Raya Idul Fitri kali ini.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES