Peristiwa Daerah

Sekitar 70 Persen Korban Kebakaran Kilang Pertamina Sudah Terima Biaya Perbaikan Rumah

Rabu, 12 Mei 2021 - 22:17 | 35.50k
Pemberian biaya perbaikan bagi warga terdampak ledakan tangki Pertamina RU VI Balongan Indramayu. (Foto: Humas Pertamina RU VI Balongan)
Pemberian biaya perbaikan bagi warga terdampak ledakan tangki Pertamina RU VI Balongan Indramayu. (Foto: Humas Pertamina RU VI Balongan)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Hingga sebelum Lebaran 2021, tercatat sudah lebih dari 70 persen warga dari total 3.074 warga yang terdampak kebakaran kilang Pertamina RU VI Balongan Indramayu, telah memproses biaya perbaikan rumah

Unit Manager Communication, Relation & CSR Kilang Pertamina Balongan, Cecep Supriyatna menjelaskan, untuk tahap kedua pembayaran berlangsung selama 6 hari dari Kamis lalu (6/5/2021) hingga Selasa (11/5/2021), dan menargetkan sebanyak 2.734 warga yang akan memproses penerimaan biaya perbaikan, termasuk warga yang belum hadir pada tahap I.

Berdasarkan rekapitulasi data pada Selasa (11/5/2021), tercatat sebanyak 2.191 warga penerima biaya penggantian perbaikan rumah telah menandatangani berita acara.

"Untuk mempercepat proses pembayaran, pada tahap ini selain dilaksanakan di Kantor Kecamatan Balongan, Pertamina juga menambah lokasi pelaksanaan di Balai Desa Sukaurip, Kabupaten Indramayu pada Senin lalu," jelasnya, Rabu (12/5/2021).

Cecep melanjutkan, sejak hari pertama pelaksanaan penggantian biaya perbaikan bangunan rumah dan property bagi warga yang terdampak, telah banyak warga yang hadir di Kecamatan dan Balai Desa Sukaurip dan melakukan pengambilan dengan antrean yang tertib.

Adapun sasaran yang telah menerima penggantian biaya perbaikan tahap kedua ini adalah warga desa terdampak di wilayah Kecamatan Balongan yaitu Desa Sukaurip Blok Wismajati, Pakis, Kunir, Gori, Desa  Balongan Blok Kesambi, Desa Sukareja, Desa Tegalurung, dan Desa Rawadalem.

"Pertamina telah berkomitmen untuk mengupayakan secara maksimal pembayaran biaya kerusakan kepada warga dapat segera diselesaikan," ujarnya.

Dalam pemberian biaya perbaikan ini, lanjutnya, Pertamina bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia untuk pembuatan buku tabungan sebagai media penerimaan biaya perbaikan bagi masing-masing warga. Biaya perbaikan akan ditransfer ke buku tabungan masing-masing warga secepatnya keesokan hari setelah buku diterima.

Di tahapan sebelumnya, Pertamina telah membagikan buku tabungan kepada warga dari Desa Balongan Blok Kesambi dan Desa Sukaurip Blok Wismajati, yang merupakan desa terdekat dari lokasi kejadian. Di tahap kedua, warga dari Desa Sukaurip juga telah mengambil buku tabungan. Selain itu juga warga dari Desa Pakis, Kunir, Gori dan Tegalurung.

"Pertamina melakukan pembayaran perbaikan rumah ini secara bertahap agar tidak terjadi penumpukan warga," ujarnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES