Gaya Hidup

Jaga Performa Kendaraan Anda Saat Lebaran Idul Fitri, ini Caranya

Minggu, 16 Mei 2021 - 05:16 | 38.91k
Seseorang tengah mengecek mobil (FOTO: News.olx.co.id)
Seseorang tengah mengecek mobil (FOTO: News.olx.co.id)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Momen Lebaran Idul Fitri adalah saatnya umat muslim untuk silaturahmi kepada kerabat, saudara, sahabat atau kolega.

Saling berkunjung dari rumah ke rumah merupakan tradisi yang tidak bisa ditinggalkan. Saat berkumpul itu tentu membutuhkan sarana berupa kendaraan agar segala kegiatan berjalan lancar.

Nah, Times Lovers jangan lupa untuk selalu menjaga performa kendaraan agar saat dipakai pada Hari Raya Idul Fitri tidak bermasalah. Caranya sebagai berikut :

1. Menggunakan bahan bakar yang berkualitas.

Ini penting karena bahan bakar tanpa timbal dengan pemilihan RON yang telah direkomendasikan bisa membuat performa terbaik. Selain itu juga menggunakan bahan bakar dengan RON yang tepat dapat menjaga kebersihan ruang bakar mesin dan dan turut menjaga kebersihan lingkungan dari polusi.

2. Terapkan teknik mengemudi Eco Driving

Tidak memerlukan pemanasan mesin yang lama sebelum berkendara. Hanya tunggu beberapa saat sampai semua lampu indikator di meter kombinasi padam, rotasi per menit (rpm) stabil baru hidupkan AC. Jangan lupa atur suhu AC ideal di ruang kabin.

Selain itu, hindari akselerasi dan pengereman mendadak, berkendara sehalus mungkin, jaga perpindahan gigi sesuai dengan torsi diperlukan, dengan range di putaran 2.000-3000 rpm.

Penting juga untuk menjaga jarak dengan kendaraan lain, gunakan engine brake pada jalan menurun atau sebelum tikungan atau di jalan menanjak. Matikan mesin dan buka jendela untuk sirkulasi udara ketika menunggu lama di dalam mobil.

3. Cek Radiator

Radiator adalah salah satu sistem pendinginan mesin yang penting. Jika radiator bocor atau rusak bisa membuat mesin mobil overheat.

Kalau overheat kerusakannya bisa sangat parah, bahkan bisa sampai ganti mesin. Bisa dibayangkan kerugian yang akan Anda alami gara-gara masalah radiator ini kan?

Untuk itu radiator mesti menjalani pengecekan atau perawatan rutin. Sebaiknya radiator itu dicek kondisinya setiap 30.000 km atau 40.000 km, ini penting agar radiator tetap dalam kondisi prima dan maksimal kinerjanya.

4. Cek Oli Mesin

Ini juga tidak kalah penting. Mengecek oli mesin secara berkala adalah kewajiban. Karena itu jika kendaraan anda kehabisan oli maka siap-siap anda ganti mesin. Karena bisa dipastikan mesin anda bakalan rusak.

Jangan lupa ya untuk selalu cek kondisi kendaraan anda saat Lebaran Idul Fitri kali ini. Agar tidak menyesal di kemudian hari. Kalau sampai parah bisa lumayan nih, kadang bisa bikin kantong jebol. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES