Kuliner

Ini 5 Jajanan Oleh-Oleh Khas Pasuruan yang Melegenda

Minggu, 16 Mei 2021 - 02:31 | 311.14k
Bipang Jangkar Pasuruan. (foto: dok Bipang Jangkar)
Bipang Jangkar Pasuruan. (foto: dok Bipang Jangkar)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Menikmati liburan di Pasuruan, tidak akan lengkap jika pulang tanpa membawa buah tangan khas dari kota ini. Yuk, simak rekomendasi oleh-oleh khas Pasuruan yang paling populer.

1. Bipang Jangkar

Di tengah kontroversi terkait kuliner Nusantara bernama "Bipang". Ternyata Bipang juga dikenal dari Pasuruan, jajanan khas yang melegenda sejak 72 tahun lalu tersebut yakni  Bipang Jangkar. Bipang atau Jipang merupakan jajanan berbahan utama beras pilihan, gula asli, esens, dan pewarna khusus makanan. Produk ini tidak menggunakan bahan pengawet sehingga hanya bisa bertahan kurang lebih dua bulan dalam kondisi suhu ruangan.

Bipang Jangkar dirintis sejak 1940 oleh keluarga Kwee Pwee Bhook. Jajanan ini sudah dikenal luas untuk dijadikan oleh-oleh. Toko Bipang Jangkar berlokasi di Jalan Lombok, Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Di toko yang sekaligus tempat produksi ini, anda bisa memilih aneka bentuk, ukuran dan rasa bipang. Harganya pun tak mahal, berkisar antara Rp 6 ribu hingga Rp 40 ribu.

2. Ikan Lempuk Krispi

Lempuk Krispi

Ikan Lempuk begitu orang Pasuruan menyebutnya. Ikan satu ini memiliki ukuran badan kecil mirip seperti ikan Teri. Jenis kan tersebut hanya bisa ditemukan di Indonesia dan Jepang. Ikan kecil berukuran 3-4 sentimeter itu memiliki kandungan nilai gizi terutama protein yang tinggi. Di Indonesia, ikan endemik ini hanya bisa hidup di Ranu Grati, Pasuruan. Ikan Lempuk biasanya akan diolah menjadi rempeyek atau digoreng crispy dengan tepung.

Karena kelezatan rasa dan kerenyahan ikan Lempuk crispy, olahan ikan ini digemari hingga dijadikan lauk makan atau camilan. Olahan ikan ini memiliki rasa yang gurih, begitu nikmat untuk disantap sebagai pengganti kerupuk. Olahan ikan lempuk bisa diperoleh dengan harga yang relatif murah mulai  Rp 25 ribu per kemasan.

3. Roti Matahari

Untuk Anda penggemar roti, cobalah Roti Matahari sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke Pasuruan. Roti satu ini memiliki cita rasa yang khas dan masih terjaga keaslian resepnya dari tahun 1955  hingga saat ini. Untuk menjaga kualitas, pemilik hanya memproduksi Roti Matahari di Pasuruan saja. Tak heran jika olahan satu ini menjadi oleh oleh khas dan begitu banyak dicari oleh wisatawan.

Roti Matahari terbuat dari campuran krim roti sehingga menghasilkan roti yang begitu lembut, sehingga roti ini tidak memiliki tandingan. Tersedia pilihan roti di gerai Roti Matahari yang berada di Jalan Raya Soekarno Hatta - Gadingrejo. Mulai dari roti sisir, roti kasur, hingga roti ronde. Untuk masalah harga, Roti Matahari dibanderol dengan harga mulai dari Rp 27 ribu - Rp 46 ribu saja.

4. Ting-ting Jahe Sin A

Salah satu permen tradisional yang sangat digemari masyarakat Indonesia adalah permen jahe. Kembang gula yang berbahan dasar jahe dan gula merah ini bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan menyembuhkan perut kembung. Permen jahe yang bergizi dan baik untuk kesehatan ini juga memiliki rasa yang spektakuler sehingga mampu membawa kita kembali bernostalgia dengan masa kecil kita.

Ting ting jahe cap Sin A diproduksi oleh PT. Sindhu Amritha Pasuruan. Produk ini terkenal sejak tahun 1935. Permen jahe (ginger candy) berbentuk soft candy (lunak) dengan bungkus kertas. Pabrik Sin A memproduksi permen jahe dengan aneka pilihan rasa (Orange, Peanut Butter, Original, Peppermint, dan Mango) dan menggunakan kemasan yang lebih modern sehingga cocok Anda gunakan sebagai oleh-oleh. Harganya juga tak mahal. Satu pak besar  berisi 80 permen dibanderol dengan harga berkisar Rp 30 ribuan.

5. Klepon

Klepon Pasuruan

Jajanan ini sempat viral di media sosial karena disebut jajanan yang tak islami beberapa waktu lalu. Kue klepon sendiri merupakan kue tradisional berbahan beras ketan yang dibentuk bola kecil berisi gula merah. Klepon biasanya berwarna hijau karena dibuat dengan pewarna alami dari daun suji. Klepon disajikan dengan baluran parutan kelapa dan dibungkus dengan takir atau wadah dari daun pisang.

Berkunjunglah ke kawasan sepanjang jalan Pasuruan menuju Gempol, kalian akan menemukan deretan lapak-lapak penjual klepon dengan berbagai merek. Kawasan ini merupakan sentra produksi Klepon Khas Gempol. Saat ini sudah tersedia klepon dengan aneka rasa. Cukup sediakan Rp 5 ribu - Rp 17 ribu saja, anda dapat memperoleh klepon ini untuk dijadikan oleh-oleh khas Pasuruan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES