Wisata

Pasuruan Punya Empat Wisata Hits ini

Sabtu, 15 Mei 2021 - 22:14 | 83.64k
(istimewa)
(istimewa)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Selain populer dengan wisata religi, Pasuruan masih memiliki banyak destinasi wisata eksotis dan selalu hits. Potensi wisata di wilayah ini sangat beragam. Mulai dari pantai, air terjun, wisata pendakian, sampai situs purbakala. Berikut rekomendasi destinasi wisata yang hits dan layak kamu kunjungi bila berkunjung di Pasuruan.

1. Bromo

Berwisata ke Gunung Bromo memang tak pernah membosankan. Jalur Bromo via Tosari merupakan spot paling legendaris dengan view Penanjakan. Di sepanjang jalur ini anda akan disuguhi nuansa pedesaan unik di wilayah Puspo. Memasuki wilayah Tosari, wisatawan akan disuguhi hutan yang masih berselimut kabut. Vegetasi hutan di wilayah Tosari relatif masih rapat, meski setiap tahunnya cenderung terus berkurang, seiring pemanfaatan untuk lahan pertanian. Masuk ke wilayah Tosari, wisatawan selain dapat menyaksikan ladang sayuran yang merupakan produk utama warga setempat. Anda hanya memerlukan perjalanan selama kurang lebih 1 jam untuk menuju Desa Tosari di Lereng Gunung Bromo. Jarak ini merupakan jarak terdekat dibandingkan jalur Bromo via Malang maupun Probolinggo. Puncak Gunung Penanjakan 1 merupakan jalan menuju Bromo yang  hanya bisa dikunjungi lewat Pasuruan. Dari titik puncak ini pengunjung dapat menyaksikan indahnya mentari saat pertama kali keluar dari ufuk timur yang eksotis dan view lanskap Gunung Bromo yang memesona.

Untuk sampai di Penanjakan, anda diwajibkan menggunakan jip khusus angkutan wisata sesampainya di Tosari. Kewajiban untuk menggunakan Jeep atau Hardtop wisata ditujukan untuk kenyamanan dan keamanan. Mobil pribadi dapat diparkir di halaman Pendapa Agung Wonokitri. Biaya sewa mobil jip wisata dari rest area Tosari sebesar Rp 650 ribu. Satu jip wisata dapat diisi 4-5 orang. Obyek wisata yang dapat dikunjungi diantaranya Puncak Penanjakan/Bukit Cinta,  Parkiran Kawah Bromo, Savana, Bukit Teletubies dan Pasir Berbisik.

2. Cimory Dairyland Prigen

Cimory Dairyland Prigen merupakan salah satu tempat wisata hits di Pasuruan yang dibuka pada Desember 2019 lalu. Tempat wisata ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin berlibur bersama keluarga. Harga tiket masuknya relatif terjangkau yaitu Rp 20 ribu per orang. Sesuai dengan namanya, Cimory Dairyland merupakan pabrik penghasil yogurt dengan merek Cimory. Berbagai wahana wisata edukasi dihadirkan di tempat ini. Pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan seru dan menyenangkan. Salah satu favoritnya yakni memberi makan hewan, seperti domba dan kelinci. Pengunjung bisa membeli wortel seharga Rp 5 ribu saja. Di Museum Susu, pengunjung akan diberikan edukasi mengenai berbagai jenis susu. Di wahana ini akan ditunjukkan cara memerah susu sapi, pengolahan susu, juga pengolahan susu menjadi yoghurt. Bahkan, pengunjung juga bisa mencoba memerah susu sapi secara langsung dengan didampingi petugas tentunya.

Setelah puas bermain dan hunting foto keren, pengunjung bisa menikmati berbagai menu khas Cimory di restoran. Pemandangan resto ini berlatar pegunungan yang indah dengan hawa yang sejuk. Menu andalannya yakni berbagai varian susu segar yang dicampur jelly. Ada rasa cokelat, kopi, stroberi, hingga pisang yang dibanderol seharga Rp 20 ribu. Sedangkan, susu segar biasa (tanpa jelly) seharga Rp 13 ribu.  Tersedia juga camilan yang bisa memilih seperti lumpia ayam, potato wedges, mantau goreng atau kukus, singkong keju Cimory, dan tahu seaweed. Kisaran harganya Rp22-48 ribuan. 

Menu makanan berat pun cukup bervariasi. Ada sate ayam, capcay, gado-gado saus mede, pecel madiun, soto, sup iga, iga bakar, hingga nasi goreng. Harganya berkisar Rp35-65 ribu. Harga tersebut belum termasuk pajak dan service charge. Sebelum pulang, pengunjung bisa berbelanja oleh-oleh di Dairy Shop. Beragam olahan susu segar berbagai rasa, yoghurt, hingga cokelat homemade dapat dibeli di sini. Pengunjung juga bisa membeli aneka merchandise berupa boneka berbentuk sapi, berbagai keripik, dan lainnya.

3. Saygon Waterpark

Di musim liburan, sejumlah tempat wisata yang ada di Kabupaten Pasuruan kerap diserbu pengunjung. Salah satunya adalah wahana wisata air Saygon Water Park yang berada di Sengon, Kecamatan Purwosari. Lokasinya dekat dengan jalur utama Surabaya - Malang. Destinasi wisata yang dikelola oleh Duta Grup ini, tidak hanya menawarkan wisata air semata. Banyak fasilitas permainan lain, mulai dari outbond, hingga beragam spot selfie menarik. Dan tentu saja ikon utama Saygon Water Park, yaitu pesawat Boeing. Pengunjung bisa masuk ke dalamnya dan menikmati "penerbangan", bersama dengan layanan pramugari. 

Untuk fasilitas permainan non-wahana air di antaranya Ontang-Anting, Roller Coaster, dan Lorong Cinta. Sementara untuk Out Bound disediakan fasilitas Flying Fox. Wahana air di antaranya, Race Slide, Raft Slide, Kolam Olympic yang berstandar Internasional, kolam anak, Kolam Airlis, dan Kolam Arus, serta Kolam Ombak yang menjadi andalan Saygon Water Park. Para pengunjung bisa merasakan keseruan deburan ombak layaknya di lautan. Tiket masuk lokasi wisata ini dibanderol dengan harga Rp 50 ribu per orang.

4. Wisata Kebun Kurma

Wisata Kebun Kurma merupakan agrowisata kebun kurma di Pasuruan. Lokasinya berada di Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Pengunjung bisa melihat secara langsung belasan pohon kurma yang sedang berbuah. Tidak hanya satu jenis, berbagai macam jenis pohon kurma terdapat di tempat wisata kebun kurma milik alm. H.Roeslan tersebut. Ada sekitar 500-an pohon kurma yang ditanam disini. Terdiri dari beragam jenis dan asalnya. Untuk jenis yang dikembangkan dengan kultur jaringan, varietasnya yakni Kurma Barhee, Madjoel, Lulu, dan Sultana. Sedangkan untuk jenis Kurma lokal Timur Tengah ada varietas Ajwah, Emirat, Kholas dan Sayer. 

Selain pohon kurma, di wisata kebun ini juga ada pohon Siwak, buah Tin, Zaitun, Matoa, Anggur pohon, Delima Hitam, Delima Merah, Kelengkeng, dan masih banyak lagi ragam aneka tumbuhan khas Timur Tengah. Nuansa tempat ini menghadirkan suasana layaknya di wilayah Jazirah Arab. Bahkan, di Wisata Kebun Kurma ini juga dilengkapi dengan miniatur Ka'bah, aneka wahana permainan seperti sepeda udara, ATV, juga tak ketinggalan sejumlah spot selfie dan Oemah Jungkir bagi yang ingin ber-swa foto dengan posisi unik. Tak ketinggalan pula, sebuah pesawat yang dialihfungsikan sebagai pusat penjualan souvenir dan oleh-oleh bagi para pengunjung. Nah, tunggu apalagi? Ayo datang ke Kebun Kurma, untuk menikmati suasana layaknya di Timur Tengah.

Itulah empat wisata hits yang ada di Pasuruan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES