Kesehatan

Cara Menjaga Kehamilan Muda Tetap Sehat

Sabtu, 15 Mei 2021 - 17:32 | 49.13k
Ilustrasi kehamilan muda. (Foto: bidanku.com)
Ilustrasi kehamilan muda. (Foto: bidanku.com)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ibu hamil harus pandai-pandai menjaga kesehatan diri dan kandungannya. Ada beragam cara untuk menjaga kehamilan muda agar tetap sehat.

Dilansir dari Alodokter, ibu hamil muda biasanya mengalami perubahan fisik sehingga ditunjukkan dengan mual muntah, morning sick, payudara terasa nyeri, sering buang air kecil, mudah lelah, pusing, dan banyak lainnya.

Selain itu, ibu hamil juga ada yang sensitif terhadap bau tertentu, seperti parfum ataupun asap rokok. Untuk meringankan gejala morning sickness, ibu hamil dapat mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dengan lebih sering.

Perbanyak minum air, selingi dengan minuman jahe. Tidak hanya itu, beristirahat yang cukup juga membantu mengurangi rasa lemas saat hamil muda. Guna mencegah sembelit saat hamil muda, batasi makanan yang digoreng, makanan pedas, dan minuman soda.

Sertakan pula makanan kaya serat dan lakukan aktivitas tubuh yang ringan.Hindari menahan buang air kecil, karena dapat memicu infeksi saluran kemih. Untuk membantu mengatasi pusing saat hamil muda, hindari berdiri terlalu lama dan jangan mengubah posisi tiba-tiba. Berbaring ke sebelah kiri akan membantu meringankan pusing.

Selain itu, penting juga untuk mempererat hubungan dengan pasangan. Kehamilan merupakan saat yang tepat untuk meningkatkan keintiman pada pasangan.

Ungkapkan secara jujur mengenai kebutuhan, kekhawatiran, permasalahan, dan harapan yang dirasakan. Minta pasangan melakukan hal yang sama. Membahas hal-hal tersebut bersama akan membantu memperkuat rasa kebersamaan sebagai pasangan.

Yang tak kalah pentingnya, untuk menjaga kehamilan muda agar tetap sehat, hindari rokok dan minuman beralkohol. Salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan keguguran, bayi terlahir prematur, dan plasenta bermasalah adalah rokok. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES