Ekonomi

Meski Masih Pandem, Ekonomi Kota Gorontalo Melonjak Menjelang Idhul Fitri

Rabu, 12 Mei 2021 - 09:14 | 21.35k
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

TIMESINDONESIA, GORONTALO – Meski ada pandemi Covid-19, perputaran ekonomi di kota Gorontalo mengalami lonjakan signifikan menjelang Idul Fitri. Hal tersebut disebabkan peredaran atau perputaran uang sangat cepat pasca dibayarkannya THR PNS pemerintah daerah beberapa waktu lalu.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha mengkalkulasikan uang yang beredar dikota Gorontalo usai pencairan THR ASN, mencapai Rp30 miliar.

“Jika dihitung secara bersih, uang berputar di kota Gorontalo sekitar Rp. 30 M, dari ASN di provinsi Gorontalo. Jumlah itu belum termasuk belanja kegiatan program strategis lainnya” kata Marten Taba, Selasa (11/5/2021)

Perhitungan itu, kata Marten, baru hitungan kotor, dari jumlah pencairan THR pegawai provinsi yang mencapai Rp24 miliar. Kota Gorontalo Rp19,6 miliar, serta daerah bertetetangga dekat dengan kota Gorontalo.

“Katakanlah Provinsi dari Rp24 M, Rp15 M yang dibelanajakan di kota, demikian juga ASN Kota dari Rp19, 6 M, Rp15 miliar yang terserap untuk memenuhi kebutuhan. belum ditambah dengan kucuran program BLT untuk 3 bulan yang dicairkan sekalianrsebesar Rp6 M,” ucap Marten.

Secara statistik, pertumbuhan ekonomi di kota Gorontalo terus mengalami peningkatan. menurutnya sebagai daerah yang mengandalkan sektor perdagangan dan jasa, menjadikan kota Gorontalo sebagai kiblat ekonomi di kawasan Teluk Tomini terlebih di wilayah provinsi Gorontalo sendiri.

Meski demikian Marten dengan ketat menerapkan protokol kesehatan bagi warga yang datang beraktivitas di kota Gorontalo. Pengetatan terhadap protokol kesehatan dilakukan Marten guna mencegah terjadinya klaster baru pasca lebaran idhul fitri.

“Tingginya peredaran uang, akan bersamaan dengan aktivitas orang yang datang di kota. Memasuki Idul Fitri seperti ini kita saksikan bersama meningkatnya permintaan atas kebutuhan lebaran," tutup Wali Kota Gorontalo, Marten Taha. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES