Entertainment

Melirik Tradisi Corpse Paint yang Menjadi Identitas Musisi dan Genre Musik

Jumat, 14 Mei 2021 - 21:44 | 187.52k
Salah satu vokalis band Black Metal, Mayhem yang terlihat seluruh wajah personel diberi riasan hitam putih yang menjadi ciri khas aliran band mereka. (Foto: Istimewa)
Salah satu vokalis band Black Metal, Mayhem yang terlihat seluruh wajah personel diberi riasan hitam putih yang menjadi ciri khas aliran band mereka. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap musisi mempunya ciri khas tersendiri dalam aksi panggungnya. Mulai dari gaya pakaian, rambut, hingga riasan (make up). Dengan berbagai ciri khas itu, menariknya eksistensi seorang musisi ataupun band ditunjukan melalui riasan di wajahnya.

Mayoritas musisi yang menggunakan make up atau cat wajah memang lebih dominan dari aliran musik rock atau metal. Hingga saat ini, memang belum bisa dipastikan secara pasti siapa yang pertama kali memulai gaya dengan riasan wajah. 

Sebenarnya, tren cat wajah sendiri berkembang sekitar tahun 1960-an. Kala itu, Arthur Brown, seorang penyanyi dan penulis asal Inggris tersebut menjadi salah satu musisi yang diklaim paling awal dikenal menggunakan cat wajah selama pertunjukan teaternya.

Cat wajah yang dipopulerkan Arthur Brown kala itu, ternyata membuat sebagian musisi black metal pun tertarik untuk menggunakannya saat beraksi di atas panggung. Kemudian, muncul istilah cat atau riasan wajah tersebut dengan nama Corpse Paint yang memiliki gaya riasan hitam dan putih. Bahkan, lebih menyeramkan meniru pucatnya mimik mayat.

Memasuki era 1970-an, riasan wajah Arthur Brown diadopsi Alice Cooper di atas panggung. Tujuannya tentu untuk menambah kesan dramatis saat aksi panggungnya. Tak hanya Alice Cooper, band Kiss pun juga menggunakan riasan wajah sebagai identitas dan persona mereka di atas panggung.

Kiss lahir di New York, Amerika Serikat pada 1973. Para pendirinya adalah Gene Simmons (Vokal, Bass), Ace Frehley (Gitar), Paul Stanley (Gitar) dan Peter Criss (Drum). Mereka berempat menggebrak industri musik lewat riasan make up di wajah yang terkesan unik. Di samping itu, band ini juga dikenal berkat aksi panggung eksentriknya.

Jenis dan gaya make up wajah pada musisi pun semakin berkembang. Misalnya yang diaplikasikan pada Mayhem, band black metal asal Norwegia yang mengadopsi corpse paint dengan lebih gelap dan mengusung tema satanis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES