Kesehatan

Manfaat Bersepeda, Mulai Kesehatan Jiwa Hingga Tubuh Atletis

Jumat, 14 Mei 2021 - 20:47 | 50.71k
Ilustrasi orang saat mengendarai sepeda. (Istimewa)
Ilustrasi orang saat mengendarai sepeda. (Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTABersepeda saat ini mulai kembali digemari oleh masyarakat luas. Mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa, saat ini berbondong-bondong membeli sepeda hingga yang paling mahal.

Tentunya, masyarakat yang saat ini sedang gemar-gemarnya dengan bersepeda, memiliki nilai bagus bagi kesehatan dan juga bisa mengurangi polusi udara.

Tak hanya sekedar bersepeda, masyarakat tentunya harus tahu fungsi dan manfaat dari olahraga bersepeda tersebut. Inilah manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh.

1. Menguatkan pikiran dan jiwa

Bersepeda mengurangi stres dan depresi. Enzim endorfin akan dihasilkan saat berolahraga dan ini akan membuat kepercayaan diri meningkat. Keluar di alam dan merasakan udara yang segar serta angin sepoi-sepoi di wajah sangat baik untuk jiwa. Anda dapat menikmati alam bebas saat mengayuh, menghargai keindahan matahari terbit, terbenam, serta pemandangan dari dekat ke satwa liar, bunga, dan tumbuhan.

2. Membuat jantung sehat

Berolahraga sepeda adalah aktivitas yang membuat jantung berdetak lebih cepat, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan detak jantung istirahat Anda. Anda bisa mendapatkan manfaat kardiovaskular yang sama dari bersepeda seperti yang didapatkan dari berjalan, berlari, atau senam.

3. Menurunkan risiko kanker

Melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda atau berlari, berolahraga teratur dan makan banyak sayuran hijau, protein tanpa lemak, serta biji-bijian akan membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Fakta mengemukakan penurunan berat badan (dari berlebih/obesitas menjadi normal) akan menurunkan juga risiko kanker.

4. Membakar lemak tubuh dan memiliki fisik yang lebih atletis

Otot bisa dibangun dari bersepeda, terutama paha depan. Anda juga membangun dan mengencangkan otot bokong, paha belakang, dan betis. Bersepeda akan memberikan latihan tubuh secara menyeluruh tanpa disadari. 

Bahu, lengan, dan otot inti diaktifkan saat Anda menyeimbangkan sepeda. Makin banyak otot yang dimiliki, makin tinggi laju metabolisme tubuh dan banyak kalori yang akan dibakar. Seorang pengendara sepeda yang bergerak dengan kecepatan 10 mph membakar 260 kalori per jam.

5. Tingkatkan aktivitas sosial

Anak-anak dapat belajar cara bersepeda ketika mereka masih kecil dan itu adalah keterampilan hidup yang akan mereka miliki selamanya. Kakek-nenek juga bisa bersepeda, dan ini adalah aktivitas keluarga yang bisa dinikmati bersama. 

Bersepeda adalah kegiatan yang memungkinkan Anda bertemu orang lain dengan minat yang sama dan dapat meningkatkan jejaring sosial Anda. Ini adalah aktivitas yang menyenangkan untuk dinikmati dan tidak tampak seperti olahraga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES