News Commerce Indonesia Bangkit

Lulusan SMK Harapan Mulya Ponorogo Terbukti Siap Kerja

Rabu, 12 Mei 2021 - 05:02 | 115.26k
Beberapa alumni SMK Harapan Mulya Ponorogo yang langsung diterima bekerja di klinik dan apotek. (Foto-foto: SMK Harapan Mulya for TIMES Indonesia)
Beberapa alumni SMK Harapan Mulya Ponorogo yang langsung diterima bekerja di klinik dan apotek. (Foto-foto: SMK Harapan Mulya for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Daya serap siswa SMK Harapan Mulya Ponorogo ke dunia kerja setelah lulus tergolong tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang diterima bekerja di fasilitas kesehatan.

Wakil Kepala (Waka) Kesiswaan SMK Harapan Mulya, Aprilia Eka Prasetyawati SPd, mengungkapkan data beberapa alumni/lulusan sekolah yang terletak di jantung Kota Ponorogo, Jalan Batoro Katong 30, yang sudah diterima bekerja.

Harapan Mulya 2

“Siswa yang sudah diterima kerja di antaranya, Luthfi Nisak Wakidatul M, Puji Lestari, Aziz Chusayni Anwar, Dian Novita Sari, Anis Setyarini, dan masih banyak lainnya,” kata Aprilia.

Aprilia menjelaskan, Lutfi Nisak Wakidatul M kini bekerja di Apotek Bakti Ponorogo. Lulusan 2019 ini mengambil kompetensi keahlian farmasi.

“Saat ini Lutfi, selain bekerja di apotek juga sedang melanjutkan studi/kuliah di salah satu PT (perguruan tinggi) di Ponorogo dengan mengambil jurusan farmasi,” ujar dia. 

Harapannya dengan bekerja, Aprilia mengatakan, Lutfi bisa menabung untuk keperluan biaya kuliahnya, selain menerapkan ilmu yang didapatkannya selama sekolah di SMK Harapan Mulya Ponorogo.

“Siswa lainnya yang sudah bekerja adalah Anis Setyarini yang merupakan lulusan SMK Harapan Mulya Ponorogo Tahun 2019/2020 Jurusan Keperawatan. Anis  sekarang bekerja di drg Praditya Wisang SpKG, Spesialis Konservasi Gigi,” terang Aprilia.

Aprilia menambahkan nama siswanya yang berhasil menembus dunia kerja pascalulus sekolah adalah Aziz Chusayni Anwar. Anak muda satu ini, menurut dia, memiliki keberanian dan talenta yang luar biasa. 

Harapan Mulya 3

“Lulusan SMK Harapan Mulya Ponorogo Jurusan Keperawatan ini kini bekerja di klinik  Family Dental Care Ponorogo yang beralamat di Ruko 5 Citra Puri Keniten 1,” terang dia.

Menurut Aprilia, Aziz tidak menyangka kalau setelah lulus sekolah dapat langsung diterima bekerja. Dia merasakan manfaat keterampilan yang diperolehnya selama belajar di SMK Harapan Mulya Ponorogo.

“Meskipun begitu, banyak juga lulusan yang memilih melanjutkan studi baik di PTN maupun di PTS,” tandas dia..

Kepala SMK Harapan Mulya Supadi SAg mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan beberapa inovasi untuk pengembangan pendidikan, termasuk pengembangan SDM baik guru maupun tenaga kependidikan yang ada.

Menurutnya, keberhasilan mengegolkan para alumninya di dunia kerja, menjadi daya tarik masyarakat. “Masyarakat antusias memasukkan anak-anaknya untuk sekolah di SMK Harapan Mulya Ponorogo,” tegas dia.

Apalagi, lanjut Supadi, sebagai sekolah yang memiliki kompetensi keahlian farmasi dan keperawatan, SMK yang dipimpinnya telah dilengkapi dengan fasilitas laboratorium farmasi dan laboratorium keperawatan yang memadai. Sehingga pelaksanaan uji kompetensi bisa dilakukan di sekolah sendiri.

Keberhasilan SMK Harapan Mulya Ponorogo dalam mengantarkan lulusannya ke dunia kerja dan dunia perguruan tinggi tidak lepas dari kerja keras dari seluruh stakeholder pendidikan.

Lutfi Fransiska W SPd, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum menyatakan, dedikasi guru dalam memfasilitasi pembelajaran selama ini, sesuai kurikulum yang berlaku memiliki sumbangan besar dalam mengantarkan kesuksesan lulusan.

Menurut Lutfi, kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan lainnya, termasuk perguruan tinggi dan beberapa instansi penyedia tenaga kerja,  menjadikan SMK Harapan Mulya Ponorogo tetap kokoh dan mampu bersaing dengan sekolah lainnya.

“Tentu saja ini adalah kesempatan yang berharga bagi SMK Harapan Mulya Ponorogo dalam turut serta membangun pendidikan di Indonesia, khususnya penguatan pendidikan vokasi di Indonesia,” kata Lutfi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES