Kuliner

Makanan Khas Lebaran yang Sayang untuk Dilewatkan

Kamis, 13 Mei 2021 - 13:01 | 142.08k
Minta ilustrasi Ketupat.(foto: Dok.TIMES Indonesia)
Minta ilustrasi Ketupat.(foto: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari Raya Idul Fitri merupakan hari dimana umat Islam di seluruh dunia termasuk umat muslin di Indonesia merayakan hari kemenangan. Saat lebaran, di Indonesia memiliki tradisi Halal Bi Halal yang dimana umat muslim mengunjungi kediaman dan bermaaf-maafan dengan keluarga, kerabat, tetangga, dan lain-lain.

Dan tidak hanya itu saja, di Indonesia juga memiliki tradisi menyuguhkan makanan untuk para tamu yang berkunjung di kediamannya.

Berikut adalah makanan wajib dan sering dijumpai saat lebaran tiba yang sayang untuk dilewatkan.

1. Opor Ayam

Opor ayam adalah salah satu makanan yang sangat kental berbau lebaran. Biasanya opor ayam sendiri biasanya dugukan dengan ketupat atau nasi saat lebaran.

Opor ayam ini merupakan makanan berkuah santan dan direbus dengan ayam. Kuah santan dari opor ayam sendiri terdiri dari bumbu berupa santan kelapa, serai, kencur, kunyit dan garam. Dan makanan ini adalah salah satu makanan yang sangat dinanti-nanti saat lebaran tiba,

2. Rendang

Rendang merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat terkenal di seluruh mancanegara dan juga menjadi salah satu makanan yang sangat dinanti-nanti saat lebaran tiba. Hampir sama dengan opor ayam, biasanya rendang ini disuguhkan dengan ketupat atau nasi.

Rendang sendiri terbuat dari daging sapi yang dibumbui.

3. Ketupat

Sudah tidak asing lagi, ketupat menjadi makanan wajib umat muslim di Indonesia untuk merayakan hari kemenangan Idul Fitri.

Ketupat sendiri adalah makanan pengganti nasi saat lebaran yang terbuat dari beras yang di masak sampai matang di dalam bungkus anyaman daun kelapa muda (janur) atau plastik.

4. Sambal Goreng Kentang Ati

Di Indonesia sambal merupakan menu yang wajib saat menghidangkan makanan, bahkan saat merayakan lebaran.

Sambal goreng kentang ati sendiri terbuat dari kentang yang dipotong dadu dipadukan dengan ati rempela yang juga dipotong dadu.

5. Kue Nastar

Siapa sih yang tidak tahunkue nastar? Nastar ini merupakan kue yang biasanya disuguhkan saat merayakan lebaran, dan sudah menjadi tradisi di Indonesia.

Kue nastar ini berbahan dasar selai nanas pada umumnya yang dilapisi dengan adonan yang terbuat dari tepung terigu, mentega, telur, dan vanili.

Nah, itu tadi makanan yang tidak boleh kamu lewatkan dan sangat dinanti-nanti pada saat lebaran Idul Fitri tiba. Lalu, makanan kesukaan saat lebaran versi kamu yang mana nih? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES