Kuliner

Tepo Kecap, Menu Sarapan Mantap Setelah Shalat Idul Fitri

Rabu, 12 Mei 2021 - 17:53 | 85.30k
Ilustrasi Tepo kecap. (Foto: Cookpad)
Ilustrasi Tepo kecap. (Foto: Cookpad)

TIMESINDONESIA, NGAWI – Setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa, umat Islam akan merayakan hari kemenangan Idul Fitri yang dilaksanakan 13 Mei 2021.

Saat lebaran banyak hidangan lezat yang  biasa disajikan. Mulai dari kudapan seperti kue-kue kering hingga makanan berat yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Warga Ngawi memiliki makanan lezat yang biasa disajikan saat lebaran. Salah satu yang populer tentu saja Tepo Kecap. Hidangan ala orang desa ini menjadi andalan saat lebaran.

Jemirah (50) warga Desa Jambangan, Kecamatan Paron, Ngawi ini selalu menyajikan Tepo saat lebaran. Menurutnya ini sudah menjadi tradisi di keluarganya.

"Sudah seperti jadi tradisi setiap lebaran selalu menyajikan Tepo," ungkap Jemirah kepada TIMES Indonesia.

Tepo sendiri merujuk pada jenis lontong nasi yang diolah sedemikian rupa. Tepo bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis racikan untuk menikmatinya.

Pada dasarnya ada dua jenis Tepo yang biasa disajikan oleh warga Ngawi. Yaitu jenis Tepo kecap dan Tepo sayur. Keduanya memiliki kesamaan bahan dasarnya hanya berbeda pada toping dan cara penyajiannya.

"Ada Tepo kecap, Tepo sayur. Kalau saat lebaran biasanya Tepo kecap yang disajikan," katanya.

Untuk membuat Tepo, dijelaskan oleh Jemirah caranya sangat mudah. Tepo berbahan dasar beras selayaknya nasi namun dikemas dengan cara yang berbeda.

Pertama cuci bersih beras yang akan digunakan. Beras yang sudah bersih kemudian dibungkus dengan daun pisang sebagai wadahnya. "Kalau mau lebih simpel pakai plastik, tapi harus dilubangi plastiknya," ujarnya menjelaskan.

Beras yang sudah dibungkus tadi kemudian di rebus dengan api kecil atau sedang selama 6 hingga 8 jam.

Tepo yang sudah matang kemudian dipotong dadu kecil-kecil atau sesuai selera. Kalau ingin Tepo kecap, tinggal memberikan toping diatas Tepo tersebut.

Toping berupa tahu goreng potong dadu, tempe goreng potong kotak, kol rajang halus, touge kecil, kacang tanah goreng, daun seledri, bawang goreng dan kecap manis.

Dikatakan Jemirah Tepo kecap lebih nikmat jika diberi kuah. Untuk membuat kuah Tepo bahan yang perlu disiapkan air, bawang putih, lengkuas, daun salam, gula merah, air asam jawa dan garam. Semua bahan di masak hingga airnya menyusut. 

Untuk menyajikan sepiring Tepo kecap sebagai berikut. Siapkan sepiring Tepo yang sudah dipotong dadu. Masukan semua bahan toping. Kemudian siram dengan kuah tadi. Terakhir siram dengan kecap manis untuk menambah rasa nikmat.

"Kalau mau pedas cukup tambah sambal saja, bahannya cabai dan bawang sudah cukup," tambahnya.

Tepo Kecap sangat mudah ditemukan di Kabupaten Ngawi. Mulai dari pelosok Desa hingga di kota Ngawi, Tepo cukup populer di Kabupaten Ngawi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES