Kuliner

Keripik Pelepah Pisang 'The Bog', si Pendatang Baru Lebaran di Banyuwangi

Jumat, 14 Mei 2021 - 14:30 | 138.16k
Keripik pelepah pisang The Bog olahan warga Banyuwangi. (Foto: Hafid Nurhabibi/ TIMES Indonesia)
Keripik pelepah pisang The Bog olahan warga Banyuwangi. (Foto: Hafid Nurhabibi/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIKeripik The Bog. Si pendatang baru yang mulai dilirik pada lebaran tahun 2021 ini di Banyuwangi. Jajanan nyeleneh dari pelepah pisang ini rupanya memiliki rasa gurih dan tak kalah nikmat dari keripik yang dijual di salah satu super market loh.

The Bog sendiri merupakan adopsi sebutan pelepah pisang dalam bahasa Jawa 'gedebog' atau 'debog'. Kini nama itu semakin populer dimata masyarakat Banyuwangi, akhir-akhir ini gedebog diolah menjadi jajanan gurih terutama saat momen lebaran 2021.

keripik b

Debog sendiri diolah menjadi keripik yang memiliki cita rasa khas dengan beragam rasa gurih dan tentunya membuat doyan lidah siapapun yang mencobanya.

Ide brilian ini berawal dari Mita Aransa, seorang ibu rumah tangga beralamat di Dusun Cendana, Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi. Maklum Kabupaten Banyuwangi juga memiliki sebutan kota pisang, jadi untuk mewujudkan idenya, Mita memilih batang pohon pisang sebagai sasaran bahan yang akan ditawarkannya.

"Awalnya kami terinspirasi kota Banyuwangi yang disebut kota pisang, makanya ingin rasanya saya mencoba debognya sebagai bahan buat camilan, kalau pisangnya kan sudah banyak," ujar Mita kepada TIMES Indonesia.

Sejak beberapa tahun terakhir keripik the bog sangat laku di pasaran, tak hanya di Banyuwangi. Pasarnya juga menjamah hingga lintas pulau Jawa. Di momen lebaran 2021 ini, pesanannya mampu menyaingi sejumlah kue dan hidangan yang sudah sering dipesan orang. Ini berkat keunikan dan rasa dari olahan batang pohon pisang seperti tak ditemui pada makanan lainnya.

keripik c

"Sudah beberapa tahun saya produksi keripik debog, menjelang lebaran ini luar biasa pasarnya, bahkan toko online saya setiap harinya ramai," kata Mita.

Kabar baiknya, harga keripik The Bog ini sangat bersahabat, yakni Rp. 70 ribu per kilo, dan sudah bisa memilih rasa sesuai selera. Diantaranya balado, pedas, ayam bawang, hingga yang original juga ada. Keripik dari pelepah pisang ini bisa menjadi salah satu alternatif jajanan yang menghiasi ruang tamu selama lebaran nanti.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES