Peristiwa Daerah

Wabah Pandemi, Baznas Sumenep Beri Beasiswa bagi Keluarga Kurang Mampu

Selasa, 11 Mei 2021 - 22:24 | 30.44k
Ketua Baznas Sumenep Moh. Jazuli (FOTO: Ach. Qusyairi Nurullah/TIMES Indonesia)
Ketua Baznas Sumenep Moh. Jazuli (FOTO: Ach. Qusyairi Nurullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMENEP – Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Sumenep, Madura, Jawa Timur memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

"Ada 20 mahasiswa yang telah diberi beasiswa, mereka berasal dari keluarga yang kurang mampu dan kami beri beasiswa hingga selesai (wisuda)," kata Moh. Jazuli, Ketua Baznas Kabupaten Sumenep

Menurutnya, pemberian beasiswa sebagai wujud kepedulian Baznas untuk membantu masyarakat kurang mampu untuk menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi.

Beasiswa ini, kata Jazuli diberikan setiap semester dengan anggaran Rp 1 juta setiap mahasiswa. Apabila biaya pendidikan setiap semester diatas Rp 1 juta, pembayaran ditanggung oleh mahasiswa. Hal itu disebabkan karena keterbatasan anggaran yang dikelola oleh Baznas. 

"Kami target setiap keluarga kurang mampu ada satu mahasiswa," jelas Jazuli.

Selain pemberian Beasiswa, lanjut Jazuli, Baznas juga memiliki beberapa program. Diantara yang akan dilakukan pemberian mushaf dan jam dinding kepada masjid dan Mushalla.

Sementara di bidang ekonomi, Baznas telah berhasil menyalurkan sebanyak 1.016 paket untuk buka puasa dan sahur. Pendistribusian diakukan selama empat hari.

"Ada 30 warung yang dibeli untuk pengadaan buka dan sahur, itu langsunh dibagikan kepada kaum dhuafa yang ada di sekitar warung itu," tuturnya.

Bahkan sambung dia beberapa waktu lalu Baznas telah menerima zakat dan sedekah dari PT Garam Persero sebesar Rp 30 juta, serta dari Paguyuban Petambak Kabupaten Sumenep menyerahkan zakat berupa beras sebanyak 1 ton. 

"Sebenarnya sebelumnya juga ada penyerahan zakat fitrah dari lembaga lainnya seperti Said Abdullah Institut (SAI) berupa zakat fitrah sebanyak 50 ribu paket dan RRI Sumenep sebanyak 55 paket,” jelas dia.

Sementara di bidang kemanusiaan Baznas Sumenep juga telah membangun sejumlah rumah tidak layak huni (RTLH). Pembangunan dilakukan disetiap kecamatan, baik di wilayah daratan maupun kepulauan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES