Ekonomi

PT Marvel Sports Ekspor Tujuh Ton Sarung Tangan ke Amerika Serikat

Selasa, 11 Mei 2021 - 20:41 | 185.26k
Sebuah truk kontainer yang membawa sarung tangan dari pabrik PT Marvel Sports Ekspor International yang akan di ekspor ke Amerika Serikat. (Foto: Bea Cukai Yogyakarta)
Sebuah truk kontainer yang membawa sarung tangan dari pabrik PT Marvel Sports Ekspor International yang akan di ekspor ke Amerika Serikat. (Foto: Bea Cukai Yogyakarta)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Geliat ekportir barang dari Yogyakarta menunjukkan tren positif. Belum lama ini, petugas Bea Cukai Yogyakarta melayani dokumen dan mengawasi stuffing eksportasi oleh PT Marvel Sports International, Jumat (30/5/2021).

Barang yang diekspor adalah gloves atau sarung tangan sebanyak 7,47 ton. Sarung tangan tersebut diekspor ke Amerika Serikat dengan menggunakan kontainer berukuran 40 feet. Barang tersebut dikirim melalui Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

“Jumlah gloves (sarung tangan) yang di ekspor sebanyak 1865 carton dengan nilai ekspornya mencapai 176.355,84 USD atau setara dengan sekitar Rp 2,5 miliar,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Hengky Aritonang kepada TIMES Indonesia, Selasa (11/5/2021).

TRUK

Selain ekspor produk ke Amerika Serikat, Marvel juga pernah mengekspor gloves ke Eropa seperti Negara Swedia.

Pabrik PT Marvel Sports yang berlokasi di Kabupaten Bantul tersebut merupakan produsen sarung tangan. Per November 2019, Marvel mendapatkan fasilitas Kawasan Berikat dari Bea Cukai. Keberadaan PT Marvel Sports sangat membantu perekonomian masyarakat. Sebab, pabrik ini memiliki kurang lebih sekitar 600 orang karyawan dengan mayoritas penduduk lokal Kabupaten Bantul.

“Kami mendukung keberadaan pabrik, termasuk pabrik yang memproduksi barang untuk di ekspor,” terang Hengky.

Hengky menerangkan, dengan fasilitas Kawasan Berikat pengusaha mendapatkan berbagai kemudahan. Antara lain, kemudahan pelayanan perizinan dan kemudahan pelayanan kegiatan operasional.

Hingga saat ini, terdapat 19 Kawasan Berikat yang difasilitasi oleh Bea Cukai Yogyakarta. Selain itu, juga terdapat 2 Gudang Berikat dan 1 Pusat Logistik Berikat di Yogyakarta. Salah satunya adalah PT Marvel Sports Ekspor International  yang memproduksi sarung tangan yang di ekspor ke Amerika Serikat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES