Hukum dan Kriminal

Fakultas Hukum Universitas Jember Sediakan Bantuan Hukum Gratis di PN Jember

Selasa, 11 Mei 2021 - 20:06 | 61.47k
Posbakum yang berada di PN Jember, hasil kerja sama antara FH Unej dengan PN Jember. (Foto: Humas Unej for TIMES Indonesia)
Posbakum yang berada di PN Jember, hasil kerja sama antara FH Unej dengan PN Jember. (Foto: Humas Unej for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Fakultas Hukum (FH) Universitas Jember bekerja sama dengan Pengadilan Negeri Jember (PN Jember) menyediakan bantuan hukum gratis bagi masyarakat tidak mampu yang mengambil lokasi di PN Jember.

Program Bantuan hukum pro bono ini diresmikan oleh Iwan Taruna Rektor Universitas Jember bersama Ketua PN Jember Marolop Simamora pada Senin sore bersamaan dengan peresmian renovasi kantor Pos Bantuan Hukum (Posbakum), Senin (10/5/2021) kemarin.

Menurut Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna, Pos Bantuan Hukum (Posbakum) ini merupakan implementasi dari Tridharma Universitas Jember dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. 

“Posbakum ini didirikan semata-mata bagian dari ikhtiar kita semua untuk membawa manfaat bagi sesama di bidang pendampingan hukum oleh FH Unej kepada masyarakat,” ujar Iwan saat memberikan sambutan dalam peresmian renovasi ruang Posbakum di PN Jember.

Menurut Dekan FH UNEJ Bayu Dwi Anggono layanan-layanan yang diberikan Posbankum antara lain: pemberian informasi hukum, konsultasi hukum, pemberian advis hukum dan pembuatan permohonan dan gugatan.

Pemberian bantuan hukum ini dilakukan secara komprehensif melibatkan dosen, paralegal, advokat mitra Biro Pelayanan dan Bantuan Hukum (BPBH) FH UNEJ dan 
mahasiswa.

Dengan adanya Posbakum ini maka harapannya pola pengabdian dari FH Unej lebih komprehensif, sistematis dan berkelanjutan.

Bayu berharap, keberadaan Posbakum ini dapat memberikan layanan bantuan hukum yang menghadirkan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat yang membutuhkan pendampingan.

Dia ingin Posbakum dapat memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat.

“Aspek kenyamanan yang kami utamakan. Oleh karena itu kantor Posbakum didesain modern sebagai bentuk keseriusan kami dalam memberikan kenyaman. Ini juga menjadi bukti bahwa Fakultas Hukum Universitas Jember hadir memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan hukum yang dihadapi oleh masyarakat,” pungkasnya. 

Menurut Ketua PN Jember Marolop Simamora layanan Posbakum PN Jember dengan FH UNEJ telah dimulai efektif sejak awal tahun 2021.

Keberadaan Posbakum dengan kantor yang modern dan nyaman serta layanan profesional yang dikelola oleh FH Unej terbukti telah meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan layanan ini, terbukti sampai dengan awal Mei 2021 tercatat telah ada 116 para pencari keadilan dari masyarakat tidak mampu yang memanfaatkan layanan ini.

Selain itu menurut Marolop saat ini PN Jember bersama FH Universitas Jember dalam rangka adaptasi terhadap situasi pandemi juga mempersiapkan layanan Posbakum online sehingga warga yang membutuhkan bantuan hukum gratis dapat berkonsultasi secara daring tanpa harus hadir langsung ke PN Jember. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES