Peristiwa Daerah

Sidak Prokes di Mal, Wali Kota Malang Sebut Masih Ada Kerumunan

Selasa, 11 Mei 2021 - 15:48 | 34.78k
Wali Kota Malang, Sutiaji didampingi Kapolresta Malang Kota dan Dandim 0833/Kota Malang saat melakukan sidak prokes disejumlah Mal di Kota Malang, Selasa (11/5/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Wali Kota Malang, Sutiaji didampingi Kapolresta Malang Kota dan Dandim 0833/Kota Malang saat melakukan sidak prokes disejumlah Mal di Kota Malang, Selasa (11/5/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGWali Kota Malang, Sutiaji bersama Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata dan Dandim 0833/Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadona melakukan sidak langsung disejumlah Mal di Kota Malang guna memantau langsung ketaatan protokol kesehatan (prokes).

Sejumlah Mal yang langsung didatangi oleh jajaran Forkopimda Kota Malang tersebut di antaranya, yakni Mal Ramayana, Matahari dan juga Trend, Selasa (11/5/2021). Sutiaji menyebutkan, dari ketiga Mal yang telah didatangi, ketiganya memang dirasa masih terjadi kerumunan.

Sidak Prokes sutiaji 2

Dengan itu, akhirnya jajaran Forkopimda Kota Malang pun langsung menggelar Swab Antigen di sejumlah Mal secara random untuk bisa mengambil sampling guna memantau kondisi di lapangan.

"Frekuensi jumlah pengunjung di Mal dari tiga titik ini kita lihat memang masih Crowded (berkerumun). Sehingga komitmen kami untuk ambil sampling secara random lalu dites dan kita lihat prokesnya itu tadi sudah berjalan dengan baik," ujar Wali Kota Malang, Selasa (11/5/2021).

Sidak Prokes sutiaji 3Wali Kota Malang, Sutiaji saat memberikan masker kepada salah satu anak yang tak memakai masker di Mal, Selasa (11/5). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

Dalam sidak yang dilakukan, dari tiga Mal tersebut ada dua lokasi yang dilakukan Swab Antigen, yakni di Matahari dan juga di Trend. Dari dua Mal tersebut masing-masing diambil sampling satu Mal 10 orang, yakni mulai pengunjung, karyawan hingga juru parkir (jukir).

"Kita tadi di sini (Matahari) ambil 10, dari manajemen (karyawan) dua dan delapan dari pengunjung yang datang. Apalagi memang kasir ini sering berkomunikasi erat dengan para customer, jadi kita ambil sampling juga," ungkapnya.

Sidak Prokes sutiaji 4Petugas Labkesda Dinkes Kota Malang saat melakukan Swab Antigen ke sejumlah pengunjung dan karyawan Mal, Selasa (11/5). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

Dari Swab Antigen yang dilakukan saat sidak, kata Sutiaji, bersyukur hasilnya semua negatif. Sehingga ke depan masyarakat bisa lebih mentaati prokes dan juga bisa terbiasa dengan new normal.

Selanjutnya untuk, pasar-pasar yang berada di Kota Malang, lanjut Sutiaji, dirinya telah memperintahkan setiap hari kepada Satpol PP dan Satgas untuk terus memantau dan melakukan penertiban kepada para pelanggar prokes.

Sehingga harapannya dengan adanya komitmen yang tegas dan dilakukan Swab Antigen ini bisa menyadarkan masyarakat betapa pentingnya penerapan prokes, apalagi menuju hari Lebaran ini.

Sidak Prokes sutiaji 5Petugas Labkesda Dinkes Kota Malang saat melakukan Swab Antigen ke Jukir yang berada si kawasan Trend, Selasa (11/5). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

"Kalau pasar kemarin Satpol PP dan Satgas sudah keliling kesana dan penertiban juga dilakukan. Sehingga komitmen kami untuk ambil sampling secara random dan dilakukan Swab Antigen di tempat untuk bisa kita pantau langsung," katanya.

Selain melakukan sidak di sejumlah Mal, Forkopimda Kota Malang juga berkeliling ke jalan-jalan dan kepada para penjual dipinggir jalan untuk memantau prokes. Apalagi memang ditemui beberapa orang dijalan yang tak memakai masker, mulai penjual hingga tukang becak.

Sidak Prokes sutiaji 6

Oleh karena itu, pihaknya pun mengingatkan untuk mau mentaati prokes dan memberikan masker kepada masyarakat yang tak memakai masker.

Dalam sidak tersebut, tak ketinggalan Sutiaji juga mengapresiasi salah satu Mal, yakni Ramayana yang paling mematuhi prokes hingga memiliki petugas khusus untuk mengingatkan para pengunjung sembari membawa papan bertuliskan aturan prokes.

"Tadi ada yang bagus juga di salah satu Mal (Ramayana). Ada petugasnya keliling, harus memakai masker dan lainnya. Jadi ini nanti saling mengingatkan, ketika masuk disini langsung tertib ya," pungkas Wali Kota Malang Sutiaji. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES