Gaya Hidup

Lebaran di Tengah Pendemi, Berikut Tips Buat Parsel Sendiri di Rumah

Rabu, 12 Mei 2021 - 21:21 | 65.31k
Parsel Lebaran. (FOTO: Dream).
Parsel Lebaran. (FOTO: Dream).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Karena masih suasana pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia mengeluarkan larangan mudik di Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Kondisi ini tentu bikin para perantau nelangsa karena tak bisa bertemu sanak saudara hampir dua tahun.

Solusinya, kita bisa bertemu melaui online atau saling mengirim parsel. Isian parsel bisa bermacam-macam tergantung kegemaran penerima atau budget yang kita punya.

Membuat parsel sendiri akan membuat penerima senang karena sifatnya lebih personal. Nah, ada beberapa tips membuat parsel sendiri di rumah.

1. Tentukan Budget

Sebelum membuat parsel, hal yang harus dipersiapkan adalah menentukan budget atau anggaran. Anggaran ini penting untuk menentukan kualias isian parsel dan agar pengeluaranmu tak membengkak. Jangan lupakan pula untuk memasukkan biaya kirim ke anggaran.

2. Menentukan isi parsel

Kamu harus tahu karakteristik dan kesukaan penerima parsel tersebut sehingga lebih mudah menentukan isian. Misalnya, kamu bisa memberikan perlengkapan memasak untuk orang yang suka masak. Parsel pupuk dan bibit tanaman untuk orang yang suka berkebun.

3. Wadah parsel

Pemilihan wadah parsel penting agar bingkisna terlihat menarik. Mulai dari plastik hingga rotan, pilih sesuai kebutuhan dan anggaran. Agar lebih menarik, hiasi wadah dengan pita, bunga, atau hiasan lain.

4. Tentukan tata letak parsel

Setelah itu, tentukan tata letak barang ke wadah parsel agar terlihat menarik. Jangan terlalu berjubel karena akan terlihat berantakan. Bila terlalu banyak ruang yang tersisa, hiasi dengan bunga atau lipatan origami berbagai bentuk.

5. Peralatan membuat parsel

Perlengkapan membuat parsel mudah ditemukan. Misalnya gunting, lem kertas atau lem tembak, jarum, peniti, dan lain sebagainya. Siapkan sesuai kebutuhan dan letakkan di dekatmu agar tak kesulitan membuat. Dengan demikian, Kamu akan fokus menghias parsel tanpa teralihkan ke mencari barang kebutuhan.

6. Cara menghias parsel

Setelah perlengkapan, wadah, dan barang yang akan kirim telah dipersiapkan, mulailah dengan menghias. Pertama, letakkan barang ke wadah terlebih dahulu. Agar barang tak bergeser, seloptip dan rekatkan ke dalam wadah.

Setelah semua tersusun rapi, lengkapi dengan hiasan yang telah dipersiapkan. Kemudian bungkus parsel dengan plastik motif yang telah disiapkan. Rekatkan plastic dengan selotip agar tak bergeser.

Kalau kesulitan membungkus dengan plastik, pilih kotak hadiah sebagai wadah parsel. Mudah bukan? Membuat parsel sendiri di rumah juga bisa dijadikan ladang bisanis yang menguntungkan selama bulan Ramadan. Demikian tips membuat parsel sendiri di rumah untuk keperluan lebaran, Hari Raya Idul Fitri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES