Gaya Hidup

5 Tips Antibosan Rayakan Hari Raya Idul Fitri di Rumah

Kamis, 13 Mei 2021 - 20:47 | 89.18k
Vodeo Call dengan keluarga agar tidak bosan rayakan Hari Taya Idul Fitri di Rumah. (FOTO:  SehatQ)
Vodeo Call dengan keluarga agar tidak bosan rayakan Hari Taya Idul Fitri di Rumah. (FOTO: SehatQ)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perayaan Hari Raya Idul Fitri (lebaran) tahun ini berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19. Biasanya, umat Islam akan berkumpul di masjid untuk melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri di pagi hari. Tradisi lain adalah mengunjungi teman dan kerabat untuk saling bersilaturahmi dan makan bersama.

Namun kali ini, Hari Raya harus dirayakan tanpa keluar rumah. Tapi jangan bersedih ya, kamu tetap bisa merasa bahagia merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga walaupun di rumah saja.

1. Shalat Idul Fitri berjemaah di rumah

Salat Idul Fitri di rumah ternyata bisa jadi pengalaman baru yang bisa semakin meningkatkan keakraban antara anggota keluarga di rumah. Untuk memimpin salat, Anda bisa meminta ayah melakukannya. Bila ini adalah pengalaman pertama ayah jadi imam salat, tak ada salahnya mencari informasi terlebih dahulu tentang tata caranya dari sumber terpercaya.

2. Kompak pakai baju Lebaran seragam

Walaupun di rumah saja, sudah menjadi tradisi memakai baju baru pada saat lebaran bersama keluarga dengan warna yang senada .Tradisi baju baru telah menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan dari perayaan Hari Raya Idul Fitri. Tidak sedikit yang beranggapan hal tersebut juga menjadi wujud syukur karena berhasil kembali ke fitrahnya.

3. Silaturahmi online orang tersayang melalui video call

Meskipun tak bisa mudik di tahun ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar tetap terhubung dengan orang tersayang. Salah satunya lewat video call. Dengan menggunakan video call, kita masih dapat melakukan tradisi yang biasa dilakukan saat Lebaran, saling bermaaf-maafan.

4. Makan bersama

Setelah melaksanakan shalat Idul Fitri, berkumpul bersama keluarga sambil menikmati hidangan khas Lebaran jadi kebahagiaan tersendiri. Ini bisa menjadi salah satu momen yang langka. Jangan lupa untuk berfoto-foto untuk momen Lebaran yang hanya 1 tahun sekali.

5. Mendekorasi ruangan nuansa lebaran

Saat hari raya Idul Fitri, supaya tidak bosan dengan ruangan yang itu itu aja, kamu juga bisa lho menyiapkan dekorasi ruangan bernuansa lebaran. Dan Jangan lupa ajak anggota keluarga untuk berpatisipasi dalam kegiatan ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES