Peristiwa Nasional

Agar Aman, Warga Banyuwangi Perlu Tahu Tips Bersalaman Saat Idul Fitri

Kamis, 13 Mei 2021 - 01:28 | 62.68k
Arsy Berlian Sari, pengusaha exportir asal Banyuwangi tengah memperagakan tips aman tanpa jabat tangan dengan salam namaste (Foto : Rizki Alfian/ TIMESIndonesia)
Arsy Berlian Sari, pengusaha exportir asal Banyuwangi tengah memperagakan tips aman tanpa jabat tangan dengan salam namaste (Foto : Rizki Alfian/ TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kasus lonjakan Covid-19 di Indonesia menjadi perhatian serius dari pemerintah. Apalagi beberapa hari lagi sudah hari raya Idul Fitri.

Guna menekan penyebaran virus mematikan itu, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi menyepakati pelaksanaan Shalat Idul Fitri  dapat dilakukan di masjid atau lokasi terbuka dengan mengacu pada zonasi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) skala mikro.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengatakan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa telah menerbitkan surat edaran pada Senin (10/5/2021) yang mengatur pelaksanaan salat Idul Fitri berdasarkan zonasi PPKM mikro.

“SE ini tidak akan berarti apa-apa kalau kita tidak satu suara. Maka kami mengajak Forkopimda, Kemenag, MUI, dan tokoh ormas keagamaan untuk satu suara. Banyuwangi sepakat untuk menjalankan SE Ibu Gubernur,” ujar Ipuk.

Namun ada yang perlu diperhatikan saat perayaan Idul Fitri agar kita bisa terhindar dari paparan virus Covid-19. Agar aman saat bersalaman di hari raya Idul Fitri, berikut kiat-kiatnya ;

1. Hindari kontak langsung dengan berjabat tangan. Anda cukup mengatupkan kedua tangan di dada sebagai tanda meminta maaf (Salam Namaste).

2. Melambaikan tangan. Di hari spesial Idul Fitri memang kurang lengkap jika tidak berjabat tangan, namun saat pandemi Covid-19 seperti saat ini sebaiknya dihindari. Anda cukup melambaikan tangan dengan membuka lima jari dan mengangkat tangan kepada saudara atau teman akrab.

3. Senyum. Pengganti berjabat tangan bisa dilakukan dengan cara melempar senyum. Ini penting dilakukan agar hari rayamu tetap nyaman dengan orang-orang disekitarnya.

4. Menyediakan handsanitizer. Jika memang terpaksa berjabat tangan, maka kita harus sering membersihkan tangan kita menggunakan handsanitizer. Ini dilakukan agar tangan kita terhindar dari berbagai macam penyakit dan virus.

Nah, itu tadi beberapa tips agar bersalaman saat Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19 aman dan nyaman. Semoga kita terhindar dari virus Corona ya. Aamiin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES