Kuliner

Kembang Gula, Kue Tradisional yang Masih Eksis Tiap Lebaran di Banyuwangi

Kamis, 13 Mei 2021 - 19:27 | 179.11k
Kue Kembang Gula (Foto: Cookpad.com)
Kue Kembang Gula (Foto: Cookpad.com)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIKembang Gula, mungkin asing terdengar bagi sebagian orang. Tapi di kalangan masyarakat Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, kue berbahan baku kelapa muda itu sudah dikenal luas, apalagi saat Lebaran.

Menariknya, di setiap perayaan momen Idul Fitri, kue ini tidak ketinggalan ada di meja menjadi sajian sebagian besar warga Banyuwangi. Rasanya yang manis khas kelapa muda menjadikan kue ini menjadi primadona khususnya bagi warga pedesaan.

Kembang Gula 2

Mau tau resepnya? Berikut cara membuatnya:

Mula mula sediakan 1 butir kelapa yang tidak terlalu tua, 100 ml air, 200 gram gula pasir, garam secukupnya, vanili secukupnya dan pewarna makanan secukupnya.

Kerok kelapa, jangan sampai mengenai kulit arinya. Larutkan gula dan air hingga air berbuih kecil. Lalu masukkan garam dan vanili. Setelah itu masukkan kelapa yang sudah diparut tadi. Masak dengan api kecil hingga air gula habis.

Jika ingin membuat warna yang berbeda, segera pisahkan kelapa ke beberapa bagian sesuai dengan jumlah warna yang diinginkan. Lalu beri pewarna makanan. Aduk segera hingga rata.

Selanjutnya, matikan api. Segera bentuk adonan kelapa dengan menggunakan sendok di atas loyang yang sudah dioles oleh minyak zaitun atau minyak makan.

Keringkan adonan dengan cara diangin-anginkankan, atau dijemur di bawah terik sinar matahari. Bisa juga dioven dengan api kecil. Jika sudah benar-benar, maka Kue Kembang Gula siap untuk disantap untuk cemilan lebaran. Selamat mencoba yaaaa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES