Indonesia Positif

Sambut Lebaran, Anak Yatim Piatu di Indramayu Dapat Baju Baru Gratis

Selasa, 11 Mei 2021 - 12:24 | 52.78k
Anak-anak yatim piatu di Indramayu saat mendapatkan kesempatan membeli baju baru gratis. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Anak-anak yatim piatu di Indramayu saat mendapatkan kesempatan membeli baju baru gratis. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Raut wajah bahagia terlukis di wajah Aisyah (10), seorang anak yatim yang tinggal bersama ibunya di Desa Anjatan Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu. Pasalnya, dia bisa menyambut datangnya Lebaran 2021 atau Hari Raya Idul Fitri 1442 H, yakni bisa mengenakan baju baru.

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, jika hari raya tiba, maka masyarakat akan berbondong untuk belanja berbagai keperluan, seperti pakaian baru. Tentunya mereka yang beruntung, masih bisa berbelanja. Namun, hal berbeda tidak berlaku bagi mereka yang kurang beruntung.

Terkadang, mereka hanya bisa gigit jari saja apabila lebaran tiba. Bahkan tak jarang, mereka tidak mengalami perubahan apa-apa ketika lebaran tiba. 

Namun kini, Aisyah beruntung lantaran bisa menikmati momen lebaran dengan pakaian baru. Dia bersama puluhan anak yatim piatu lainnya, mendapatkan kesempatan untuk membeli baju lebaran secara gratis bersama pengurus Informasi Kecamatan Anjatan (IKA) Kabupaten Indramayu, melalui program #IKA_Care Berbagi.

"Alhamdulillah, akhirnya saya bisa pake baju baru di hari Lebaran nanti," ujar Aisyah dengan senyum terkembang di wajahnya.

Menurut Direktur IKA_Care Berbagi, Satrio Sunaryo, program belanja bareng anak yatim piatu ini bertujuan untuk saling berbagi kebahagian bersama anak-anak yatim piatu dari keluarga kurang mampu, jelang perayaan Lebaran. Ada sekitar 28 anak dari 35 anak yatim piatu yang terakomodir, yang mendapatkan kesempatan dalam program ini.

Dengan mengusung tema 'Ngajak Anak Yatim/Piatu Tuku Klambi Anyar Kanggo Lebaran', lanjutnya, masing-masing anak diajak ke toko baju dan dipersilakan memilih bebas baju yang disukainya. Masing-masing mendapatkan jatah Rp 200 ribu, dengan estimasi sekitar 3 stel pakaian.

"Masing-masing anak mendapatkan jatah maksimal Rp 200 ribu," jelasnya, Selasa (11/5/2021).

Satrio melanjutkan, kegiatan ini juga didukung oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Anjatan. Adapun untuk dananya, diperoleh dari tim dan relawan yang tergabung dalam Sedulur IKA.

Setelah kegiatan belanja baju baru, tambahnya, IKA_Care dan Pengurus KNPI Kecamatan Anjatan mengajak anak-anak yatim piatu untuk berbuka bersama. Dirinya pun berharap, anak-anak yatim piatu ini bisa ikut merasakan momen kebahagiaan di hari Lebaran. "Kami berharap program ini dapat memberikan kebahagiaan dan manfaat bagi anak-anak yatim piatu dan akan ada lagi di tahun depan," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES