Kopi TIMES

Ngopi Pagi: Akhir Ramadan

Selasa, 11 Mei 2021 - 09:50 | 61.99k
Noor Shodiq Askandar.
Noor Shodiq Askandar.

TIMESINDONESIA, MALANG – Bulan Ramadhan dengan segala kemuliannya akan segera meninggalkan kita semua sahabat ngopi pagi. Bulan dimana Allah swt banyak menurunkan rahmat, ampunan, sampai dengan pembebasan dari api neraka bagi ummat yang mengisi dan menjalankan ibadah dengan baik di bulan ini. Tidak hanya ibadah kepada Allah swt, akan tetapi juga setiap kebaikan yang diperbuat, Allah swt menjanjikan pahala yang berlipat.

Banyak rasa yang tercipta, banyak kata yang tidak mampu terungkap, banyak batin yang gelisah karena merasa belum dapat mengisi bulan Ramadhan dengan baik. Padahal kesempatan ini hanya datang dalam sebulan diantara dua belas bulan dalam satu tahun kalender. Kata orang bijak, momentum terbaik itu hanya datang sekali dan tidak akan datang untuk kedua kalinya. Begitu juga momentum bertemu Ramadhan tahun ini belum tentu menjadi anugerah di masa yang akan datang. Kenapa demikian ? karena hanya Allah swt lah yang mengetahui dan menentukan kehidupan bagi setiap mahluqnya. Dengan demikian, bertemu dengan Ramadhan adalah keberuntungan sekaligus kenikmatan yang luar biasa yang harus disyukuri dengan meningkatkan amal ibadah dan amal yang baik.

Oleh karena itu senyampang masih ada kesempatan dan peluang, memanfaatkan Ramadhan sebaik baiknya adalah pilihan yang tidak boleh diabaikan. Bagi yang kuat, ibadahnya perlu ditambah lagi kuantitas dan juga ditingkatkan kualitasnya. Bagi yang punyanya harta kekayaan, bersegaralah distribusikan lagi sebagian untuk kemaslahatan ummat. Bagi yang punyanya hanya tenaga, maka optimalkan untuk membantu sesama. Pendek kata, jangan sampai mengabaikan kesempatan ini, akan tetapi teruslah mencari peluang untuk meningkatkan amal kebaikan.

Fastaqul khairat. Berlomba lombalah dalam kebaikan dan jangan justru menambah dengan keburukan, apalagi dalam bulan yang sangat dimuliakan. Hal ini sebagaimana firman Allah swt dalam surat Al baqoroh 195 “Sungguh Allah swt mencintai orang orang yang berbuat baik”. Begitu juga dalam surat Al An’am ayat 160 “Barang siapa berbuat kebaikan, mendapatkan balasan sepuluh kali lipat amalnya”. Bagaimana dengan sahabat ngopi pagi semua ???

*) Penulis Noor Shodiq Askandar adalah Ketua PW LP Maarif NU Jatim dan Wakil Rektor 2 Unisma.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

_______
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES