Wisata

Nikmati Spot Unik Penyejuk Mata di Pantai Kutang Lamongan

Jumat, 14 Mei 2021 - 13:25 | 64.88k
Pantai Kutang Lamongan Jawa Timur yang memiliki spot unik dan pemandangannya menyejukkan mata. (Foto : Dokumen for TIMES Indonesia).
Pantai Kutang Lamongan Jawa Timur yang memiliki spot unik dan pemandangannya menyejukkan mata. (Foto : Dokumen for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Mendengar nama Pantai Kutang mungkin akan membuat sebagian orang terheran-heran bahkan tertawa sendiri serta bertanya-tanya. Apa ada cerita unik di balik penamaan pantai yang telah menjadi destinasi wisata pantai yang lumayan populer di kawasan Kabupaten Lamongan.

Atau mungkin terdapat mitos yang tersembunyi dibalik nama pantai yang memiliki pemandangan yang sangat eksotis dengan adanya hutan mangrove yang terlihat hijau, spot foto unik dan menyejukan mata.

Sebagaimana yang telah diketahui, Kutang merupakan salah satu pakaian dalam wanita atau yang biasa dikenal dengan nama sebagai Bra atau Breast Holder (BH).

Dahulu sebelum pantai ini menjadi salah satu daftar obyek wisata yang patut dikunjungi wisatawan. Dari cerita yang beredar di masyarakat Desa Labuhan Kecamatan Brondong, tempat ini sering kali dijadikan sebagai lokasi muda-mudi bahkan sepasang kekasih sekadar bertemu dan berkumpul.

Pantai Kutang Lamongan

Ketika mereka meninggalkan lokasi pantai, uniknya para muda-mudi meninggalkan kutangnya di batang pohon mangrove ataupun dibiarkan tergeletak begitu saja di kawasan pantai.

Dari kejadian ini, warga sekitar sering kali menjumpai kutang tersangkut di pohon mangrove dan juga tergeletak di kawasan bibir pantai tersebut. Maka dari itu, kawasan ini kemudian dinamai sebagai Pantai Kutang.

Memang kedengarannya aneh, namun justru nama itulah yang membuat para wisatawan tertarik serta penasaran ingin mengunjungi pantai yang jaraknya sekitar 60 km (1,5 jam) dari pusat Kota Lamongan. 

Selain nama yang aneh dan unik jika didengar, Pantai Kutang memiliki panorama yang sangat indah. Berikut beberapa spot unik untuk berswafoto yang dapat ditemukan wisatawan saat berkunjung ke Pantai Kutang, antara lain:

1. Pantai Eksotis

Pantai Kutang memiliki ombak tidak terlalu besar, sehingga wisatawan tak perlu khawatir jika ingin bermain pasir ataupun menikmati air lautnya.

2. Hutan Mangrove

Wisatawan akan mendapatkan suguhan pemandangan hutan pohon mangrove dan pohon kelapa yang ada di tepi pantai. Ayunan yang ada di bawah pohon mangrove saat kondisi air surut sangat aman untuk bermain anak-anak. 

3. Jembatan Kayu

Di pantai ini juga terdapat jembatan bertuliskan Pantai Kutang yang kurang lebih panjangnya 500 meter. Dan wisatawan juga bisa melihat ombak dan berswafoto di atas jembatan karena ombaknya tenang dan aman.

4. Wisata Kuliner

Apabila telah puas bermain di pantai, wisatawan juga dapat mencicipi kuliner laut yang ditawarkan dalam beberapa warung makan. Wisatawan juga bisa menikmati kuliner dan indahnya pantai sambil duduk di gazebo cantik.

Untuk bisa semakin banyak menarik perhatian para wisatawan, Kasun Kentong Desa Labuhan Samiaji berharap, pihak pengelolah (BUMDes) harus memikirkan pengembangan wahana yang ada di Pantai Kutang.

Pantai Kutang Lamongan 2

"Perlu adanya pengembangan wahana untuk menarik wisatawan serta pembangunan ruang pertemuan multiguna dan musholla yang menjorok ke tengah pantai setelah jembatan," ujar Samiaji.   

Dengan harga tiket masuk pengunjung (dewasa atau anak) Rp 5 ribu, wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat eksotis dengan adanya hutan mangrove yang terlihat hijau, spot foto unik dan menyejukan mata di Pantai Kutang Kabupaten Lamongan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES