Kesehatan TIMES Ramadan

Tiga Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Berpuasa

Selasa, 11 Mei 2021 - 01:34 | 85.02k
Ilustrasi - Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut (FOTO: Pinterest)
Ilustrasi - Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut (FOTO: Pinterest)
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak kalah penting dengan merawat kesehatan organ lainnya. Khusus nya di bulan Ramadan

Gangguan pada mulut dan gigi bisa menimbulkan rasa sakit yang akhirnya menggangu aktivitas keseharian Anda

menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut-2.jpg

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sebenarnya bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana tanpa memerlukan perawatan yang mahal, berikut adalah tips-tips yang bisa diterapkan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut Anda.

1. Menyikat gigi dan menggunakan obat kumur.

Menyikat gigi harus tetap rutin dilakukan meskipun di bulan puasa, dengan cara melakukan nya setelah berbuka puasa dan sahur karena hal ini untuk mencegah penumpukan bakteri yang menjadikan bau mulut maka sebaiknya selalu membersihkan gigi.

Menggunakan obat kumur akan semakin meminimalisir bakteri yang berada di mulut hal ini dapat mencegah bau mulut hingga sariawan.

2. Kurangi makanan bertepung.

Berbuka puasa biasanya mengkonsumsi takjil terlebih dahulu beberapa takjil terbuat dari tepung dan berasa manis, hal ini akan mempengaruhi gigi saat terlalu mengonsumi manis dan tepung-tepungan.

Sejumlah makanan manis dan bertepung bisa menyebabkan kerusakan gigi dengan meluntrukan email pelindung.

Selain berbagai masalah tersebut, kamu juga disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan lengket karena bisa menyebabkan masalah pada gigi.

3. Banyak mengonsumsi air mineral

Ketika bulan puasa khusus nya kita banyak membutuhkan cairan tubuh untuk mengganti cairan tubuh setelah sehari berpuasa. Mengonsumsi air yang cukup dapat mempengaruhi tubuh hingga rongga mulut.

Semakin banyak mengonsumsi air dapat sangat mengurangi bakteri yang berada di rongga mulut karena akan langsung terbawa ke pencernaan.

Dengan banyak mengonsumsi air putih, sisa-sisa makanan pada mulut dan sela-sela gigi dapat dibersihkan secara menyeluruh. Tak hanya itu, air putih juga dapat membantu melarutkan asam yang dihasilkan oleh bakteri dari makanan dan minuman manis yang kamu konsumsi

Banyak mngonsumsi air putih bisa juga menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Silakan dicoba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES