Wisata

Ketua Asidewi Ngawi Bagikan Tips Berwisata Aman saat Lebaran

Kamis, 13 Mei 2021 - 02:41 | 37.12k
Ketua Asosiasi Desa Wisata Ngawi, Zainul Thohar. (Foto: Dok. Thohar for Times Indonesia)
Ketua Asosiasi Desa Wisata Ngawi, Zainul Thohar. (Foto: Dok. Thohar for Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, NGAWI – Memasuki tahun kedua lebaran di tengah wabah covid menjadi pengingat bahwa kesehatan adalah hal yang penting dalam kehidupan. Di mana beragam tradisi lebaran terpaksa harus dipangkas demi segera berakhirnya wabah covid ini.

Mengingat saat dua tahun yang lalu untuk mengisi waktu setelah berlebaran biasa digunakan masyarakat untuk berwisata. Berbagai destinasi wisata selalu ramai pengunjung saat momen lebaran. Tidak terkecuali di Kabupaten Ngawi, destinasi wisata di Ngawi pun selalu ramai saat momen ini.

Kendati lebaran tahun 2021 banyak tradisi yang harus dibatasi, pemerintah tetap mengizinkan tempat wisata tetap beroperasi. Dengan catatan, tempat wisata tersebut harus menjalankan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Untuk itu, Ketua Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) Kabupaten Ngawi, Zainul Thohar memberikan tips aman berwisata saat lebaran di tengah wabah covid-19.

Thohar, sapaannya, mengatakan, sebelum berwisata harus dipastikan dulu dalam keadaan sehat. “Yang jelas pastikan dulu dalam keadaan sehat, apalagi ditengah pandemi seperti saat ini,” katanya kepada TIMES Indonesia, beberapa waktu lalu.

Memilih destinasi wisata disekitar tempat tinggal termasuk yang disarankan oleh Tohar. Menurutnya destinasi wisata lokal lebih aman ketimbang destinasi wisata diluar wilayahnya. “Tempat wisata lokal menurut saya lebih aman daripada di luar daerah. Kalau diluar daerah, kita kan tidak tahu wilayahnya aman atau tidak, terlebih kalau di luar daerah pengunjungnya lebih heterogen kan,” jelasnya.

Selain itu, Thohar juga mengingatkan agar selalu menerapkan protokol kesehatan saat berada di tempat wisata. Seperti selalu mengenakan masker, selalu menjaga jarak, tidak berkerumun dan mencuci tangan sebelum dan sesudah memasuki tempat wisata.

“Saya kira yang paling penting menerapkan protokol kesehatan selama berwisata, kalau untuk di Ngawi pengelola tempat wisata tentu sudah menyediakan fasilitas prokesnya,” ujarnya.

Kabupaten Ngawi dikenal memiliki banyak destinasi wisata maupun desa wisata yang menarik untuk dikunjungi. Thohar berharap masyarakat Ngawi lebih memilih tempat wisata lokal selama libur lebaran tahun ini.

“Ini kan masih pendemi, terlebih masih ada penyekatan. Lebih baik dan aman berwisata lokal di Ngawi saja,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES