Kuliner

Cara Menikmati Ketupat di Hari Raya Idul Fitri

Kamis, 13 Mei 2021 - 09:24 | 102.63k
Gambar ketupat, sajian khas hari lebaran. (Foto: Pinterest)
Gambar ketupat, sajian khas hari lebaran. (Foto: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKetupat lebaran adalah menu yang sangat khas dipadukan dengan nuansa di Hari Raya Idul Fitri. Ketupat adalah makanan yang berasal dari Asia Tenggara Maritim yang menggunakan bahan utama berupa beras. Kemudian dibungkus dengan daun kelapa muda atau janur.

Bentuknya juga sangat cantik yakni segiempat dengan motif kotak-kotak di setiap bentukannya. Maka tidak heran jika selalu dijadikan simbol utama hari raya yang biasanya terdapat parcel-parcel.

Cara menikmati ketupat pun ada bermacam caranya. Berikut cara manikmati ketupat di hari raya: 

1. Disantap dengan kuah lodeh 

Sayur lodeh umumnya berupa santan diisi dengan sayuran dan cita rasa khas pedas sangat cocok untuk disantap bersama ketupat di hari lebaran. Hidangan ini akan lebih lezat jika ditambahi dengan bawang goreng sebagai pelengkap. 

2. Semur Daging

Semur daging berupa hidangan berkuah dengan isian dominan daging dengan rasa yang cenderung gurih. Maka hidangan ini juga termasuk hidangan yang pas disantap dengan ketupat lebaran. 

3. Bakso

Salah satu hidangan kuah bening segar dan rasanyapun sama dengan menu sebelumnya, yakni gurih. Membuat ketupat menjadi memiliki varian rasa yang lebih nikmat dan segar disantap dengan daging bakso. 

4. Soto

Soto cukup mudah dicari dan merupakan makanan pilihan sehari-hari terutama yang sedang mencari kehangatan. Akan tetapi, siapa sangka jika makanan satu ini juga kerap menjadi teman untuk disantap bersama ketupat saat lebaran. Soto yang dimaksud dapat berupa soto ayam maupun soto daging. 

5. Opor Ayam

Opor ayam sekilas hampir sama dengan sayur lodeh. Akan tetapi bedanya di sini adalah, isian dalam opor adalah ayam yang dipotong kecil-kecil. Kuah opor ayam juga berupa santan. Sepertinya, menu satu ini adalah menu paling cocok untuk dinikmati bersama ketupat. Pasalnya, pada umumnya masyarakat kerap memasak ketupat dengan didampingi oleh opor ayam. 

Itulah beberapa hidangan yang cocok dinikmati dengan ketupat saat Hari Raya Idul Fitri. Melihat hidangan tersebut, menimbulkan kesan jika ketupat sangat bersahabat jika dipadukan dengan hidangan lain dengan rasa gurih.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES