Gaya Hidup

5 Pengeluaran yang Harus Kamu Persiapkan Saat Menjelang Lebaran

Kamis, 13 Mei 2021 - 10:22 | 38.23k
Ilustrasi.
Ilustrasi.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lebaran Idul Fitri merupakan moment dimana seluruh umat Islam merayakan hari kemenangan setelah sebulan melewati ibadah puasa.

Saat lebaran tiba biasanya pengeluaran tidak terkontrol, oleh karena itu kita harus mempersiapkan pengeluaran agar saat lebaran tiba keuangan kita tidak membludak.

Karena saat lebaran tiba, kita cenderung merasakan rasa syukur dan menyambutnya dengan bahagia, tanpa ragu-ragu untuk mengeluarkan pengeluaran yang besar.

Nah, berikut adalah tips pengeluaran yang harus dipersiapkan saat menjelang lebaran.

1. Zakat (Amal)

Zakat merupakan kewajiban umat muslim yang harus dibayar saat sebelum lebaran bagi yang mampu melaksanakannya. Maksimal dana zakat disiapkan seminggu sebelum lebaran agar tidak ada kelebihan dana berlebih.

2. Mudik

Saat lebaran mudik menjadi salah satu budaya umat muslim di Indonesia yang ada hingga saat ini. Meskipun saat ini terdapat pengetatan protokol kesehatan untuk mudik, tetapi tidak sedikit masyarakat Indonesia yang tetap mudik.

Kamu bisa buat simulasi biaya pengeluaran untuk transportasi mudik kamu dan bisa memilih pengeluaran paling murah, agar pengeluaran yang kamu keluarkan lebih hemat.

3. Pakaian Baru

Membeli pakaian baru saat lebaran juga merupakan salah satu budaya umat muslim di Indonesia. Namun jangan sampai pengeluaran membludak karena memaksakan membeli pakaian baru, jika pengeluaranmu sudah terlalu besar.

Tetapi jika kamu tetap ingin membeli pakaian baru, kamu bisa tetapkan budget untuk membeli pakaian.

4. Makanan Lebaran

Makanan lebaran juga tidak kalah penting untuk dipersiapkan saat menjelang lebaran. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa mensiasati dengan memasak atau membuat kue dan makanan lebaran sendiri di rumah. Selain lebih hemat juga kualitas lebih sehat daripada makanan yang instan.

5. Dana Darurat

Untuk mempersiapkan kondisi darurat jika ada keperluan mendadak, sebaiknya kamu juga mempersiapkan pengeluan darurat untuk keluargamu. Karena hal ini bertujuan antisipasi jika ada kejadian tak terduga saat lebaran atau saat menjelang lebaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES