Peristiwa Daerah

Lebaran dalam Kondisi Pandemi, Cak Tahar Berbagi Ratusan Paket Sembako Pada Janda Tua

Sabtu, 08 Mei 2021 - 17:26 | 41.96k
Anggota DPRD Bondowoso, H Syamsul Tahar saat menyalurkan langsung paket sembako kepada janda tua dan warga yang kurang beruntung di kediamannya (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Anggota DPRD Bondowoso, H Syamsul Tahar saat menyalurkan langsung paket sembako kepada janda tua dan warga yang kurang beruntung di kediamannya (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, tak jauh beda dengan tahun sebelumnya. Yakni masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Oleh karenanya, anggota DPRD Bondowoso, H Syamsul Tahar membantu meringankan beban janda tua dan dhuafa dengan berbagi ratusan paket sembako. Sebenarnya, jauh sebelum Pandemi Covid-19 dan sebelum dirinya menjadi anggota dewan, pria yang akrab disapa Cak Tahar ini rutin setiap tahun berbagi saat Bulan Ramadan.

Cak Tahar mengatakan, awalnya sebelum jadi anggota dewan hanya 50 paket. Setiap tahun terus bertambah. Sekarang mencapai 400 paket. Sasaran janda tua. Rutin setiap tahun didistribusikan di akhir Bulan Ramadan.

"Sumbernya dari hasil panen dari berbagai usaha pertanian yang saya lakukan. Itu sebagai zakat maal dari rejeki yang saya peroleh. Yakni berupa beras dari hasil pertanian padi yang digiling atau diselep pada mesin selep milik sendiri," paparnya.

Syamsul-Tahar-2.jpg

"Tambahannya berupa minyak goreng, sirup dan mie instan. Proses packing dilakukan sendiri bersama keluarga dibantu tetangga. Ada juga gula dari panen tebu yang saya miliki," sambungnya.

Penyaluran paket tersebut dilaksanakan saat acara reses di kediamannya. Sebagian juga dihantarkan. Namun demikian, pihkanya meminta maaf pada para penerima, sebagaimana yang lain seharusnya diantar ke rumah masing-masing.

"Ini sebagai bentuk syiar saja, saya ingin berfoto dengan sampean yang dijamin tidak akan dikenali dengan bermasker," katanya di depan para penerima, kemudian disambut gelak tawa undangan.

Penyerahan paket sembako secara simbolis untuk beberapa orang saja. "Nanti sisanya  diantar ke rumah masing-masing," imbuhnya.

Saat penyaluran, ia mengajak masyarakat untuk mempererat silaturrahim dan saling menguatkan komunikasi untuk perbaikan dan evaluasi program ke depan. 

"Dalam reses itu juga saya sampaikan progres beberapa realisasi program serta perencanaan ke depan," terangnya saat dikonfirmasi, Sabtu (8/5/2021).

Pihaknya mengaku sangat terinspirasi dengan pesan gurunya, yakni KH Muhammad Al Fayyadl cucu KH Hasan Abdul Wafi, PP Nurul Jadid.

"Meski seribu pulau dapat seorang lipat, seribu kitab telah seorang lahap dan seribu guru telah seorang serap. Semua itu tak berarti bila dia belum sanggup menyuapi sesuap nasi bagi tetangganya yang lapar," jelasnya menirukan pesan gurunya.

Cak Tahar berkomitmen untuk membantu masyarakat kecil, baik secra pribadi maupun melalui kebijakan di Gedung DPRD. "Semoga pandemi ini bisa berlalu, dan warga melaksanakan lebaran dengan hati gembira," harap politisi PKB tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES