Peristiwa Daerah

Kontes Bandeng Gresik Capai Nilai Lelang Rp 50,5 Juta, Juara dari Mengare

Sabtu, 08 Mei 2021 - 10:02 | 166.96k
Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Wabup Aminatun Habibah saat memberikan hadiah kontes bandeng (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Wabup Aminatun Habibah saat memberikan hadiah kontes bandeng (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Bandeng Mengare milik Zainal Arifin warga Desa Watu Agung Kabupaten Gresik berbobot 6,5 Kg menjadi juara Kontes Bandeng Gresik. Kemudian digelar secara virtual, Pemkab Gresik berhasil melelang tiga bandeng kawak dengan bobot terberat total Rp 50,5 Juta. 

Di peringkat dua, ada bandeng seberat 5,01 kilogram dengan panjang 73 cm dan dirawat selama 6 tahun milik Ali Huda, warga Tanjungwidoro Bungah. Selanjutnya, bandeng juara ketiga milik Syaifullah Mahdi warga Desa Pangkahwetan Ujungpangkah.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya kontes, kali ini Pemkab Gresik melelang bandeng dihadiri oleh kepala daerah seluruh Jawa Timur secara virtual.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjadi pemenang lelang bandeng, dan berhak membawa pulang ikan seberat 6,5 Kg dengan harga Rp 25,5 Juta. Kemudian, bandeng kedua dibeli Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono dan bandeng juara kontes ketiga dibeli oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, untuk menghindari kerumunan Tradisi Pasar Bandeng dilaksanakan di 10 titik. Dan, puncaknya kontes dan lelang kali ini digelar secara virtual.

"Tahun ini kami mencoba menjaga tradisi pasar bandeng dengan tetap melaksanakan mengutamakan protokol kesehatan," ujar Bupati Gus Yani, Jumat (7/5/2021) malam.

Kontes-Bandeng-Gresik-2.jpg

Diucapkan Gus Yani, Tradisi Pasar Bandeng yang telah berlangsung selama ratusan tahun itu menjadi budaya masyarakat Kota Santri di bulan Ramadan menjelang hari raya Idul Fitri.

Alumnus Unair Surabaya ini menyebut Gresik memiliki potensi besar sektor perikanan. Terhitung tiap tahunnya, penghasilan ikan bandeng dmencapai 80 ribu Ton.

"Artinya jika bandeng ini harganya 10 ribu perkilo, maka putarannya pertahun bisa mencapai satu triliiun per tahun dari ikan bandeng saja, ini adalah bentuk kemandirian ekonomi petani tambak," terangnya.

Lebih lanjut, Bupati Gus Yani menerangkan, hasil lelang tahun ini seluruhnya akan disumbangkan untuk membantu fasilitas warga disabilitas, "Hasil lelang nantinya akan disumbangkan untuk membantu warga disabilitas Gresik," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kontes dan lelang pasar bandeng yang menjadi tradisi masyarakat Gresik ini. 

Dia menegaskan bahwa tradisi ini bisa mengangkat citra baik ikan bandeng, sehingga potensi budidaya kedepan semakin baik. Bahkan, kegiatan ini mampu menggerakkan sektor ekonomi.

"Kami sangat mengapresiasi, dan tradisi ini bisa menjadi salah satu upaya pemulihan ekonomi, serta memiliki Gimmik yang sangat bagus untuk meningkatkan citra bandeng lebih baik," tandas Wagub Emil usai menghadiri Kontes Bandeng Gresik yang digelar virtual oleh Pemkab Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES