News Commerce Indonesia Bangkit

Sehari Menjadi Nakes Bersama SMK Kesehatan BIM Probolinggo

Sabtu, 08 Mei 2021 - 03:44 | 102.65k
Salah satu kegiatan sehari menjadi nakes di Laboratorium SMK Kesehatan BIM Probolinggo. (Foto-foto: SMK Kesehatan BIM for TIMES Indonesia)
Salah satu kegiatan sehari menjadi nakes di Laboratorium SMK Kesehatan BIM Probolinggo. (Foto-foto: SMK Kesehatan BIM for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOSMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika (BIM) Probolinggo mengadakan sosialisasi sehari menjadi tenaga kesehatan (Nakes). Kegiatan yang ditujukan kepada siswa kelas 3 SMP di Probolinggo ini, digelar pada 5 Februari lalu.

“Kegiatan sosialisasi ini untuk memberikan kesempatan bagi siswa dan siswi dari berbagai SMP yang ingin mencoba merasakan menjadi sosok tenaga kesehatan, walaupun hanya dalam waktu sehari,” kata Pujiati SKep Ns, Kepala Sekolah SMK Kesehatan BIM Probolinggo.

BIM Probolinggo 2Kegiatan praktikum di laboratorium farmasi.

Menurut Pujiati, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan serta pengalaman dasar bagi pelajar SMP yang sedang bertanya-tanya dan ingin tahu mengenai SMK Kesehatan, khususnya di SMK Kesehatan BIM.

“Kami mengadakan kegiatan ini untuk membantu siswa dan siswi SMP yang sedang berada di masa di mana ia harus memahami potensi apa yang ada pada dirinya,” ujarnya.

Di masa pandemi seperti ini, lanjut Pujiati, cukup sulit bagi siswa dan siswi SMP yang sedang mencari sekolah baru sesuai dengan bakatnya. ”Dengan adanya kegiatan ini, secara tidak langsung mereka mendapat gambaran dasar mengenai teknik keperawatan, kefarmasian  serta teknik laboratorium medik,” kata dia.

Meski dengan sedikit ilmu yang didapatkan dalam satu hari, Pujiati berharap bisa membantu membangkitkan potensi bakat dan minat mereka di bidang kesehatan.

“Mereka sangat antusias akan kegiatan ini meskipun dilaksanakan pada masa pandemi. Kami pun, selaku pengelola SMK Kesehatan BIM Probolinggo menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah,” tegasnya.

Pujiati mengungkapkan, kegiatan ini diawali dengan pemeriksaan kesehatan, kemudian sambutan dari beberapa guru, dilanjutkan penjelasan mengenai SMK Kesehatan BIM Probolinggo.

“Peserta kegiatan secara bergantian praktik menjadi tenaga kesehatan di laboratorium kesehatan bersama dengan guru-guru pembimbing yang kompeten di bidangnya,” ujarnya.

Pada laboratorium kefarmasian, kata Puji, mereka melakukan praktik simulasi pelayanan farmasi yang terdapat di apotek.  Kemudian pada laboratorium analis kesehatan (teknik laboratorium medik) mereka praktik tes golongan darah sendiri dengan menggunakan alat bantu.

Setelah melakukan praktik pada setiap laboratorium, Pujiati mengatakan, peserta juga diberi tantangan berupa membuat foto semenarik mungkin dan menunjukkan jati diri mereka sebagai Nakes

“Acara sosialisasi SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika (BIM) Probolinggo pun diakhiri dengan doa bersama agar pandemi ini cepat berakhir serta dapat beraktivitas normal kembali,” kata Pujiati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES