News Commerce Indonesia Bangkit

PPDB SMK YPI Darussalam 2 Cerme Gresik, SPP Gratis hingga Sekolah Langsung Kerja

Jumat, 07 Mei 2021 - 04:04 | 291.60k
SMK YPI Darussalam 2 Cerme, sekolah langsung kerja. (foto-foto: SMK YPI Darussalam 2 Cerme for TIMES Indonesia)
SMK YPI Darussalam 2 Cerme, sekolah langsung kerja. (foto-foto: SMK YPI Darussalam 2 Cerme for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, GRESIKSMK YPI Darussalam 2 CermeGresik, Jawa Timur, membuka pendaftaran peserta didik baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2021-2022 mendatang. Waktu pendaftaran terbagi menjadi dua gelombang, yakni gelombang pertama dimulai 26 Oktober 2020-30 April 2021 dan gelombang kedua mulai 3 Mei 2021 hingga kuota terpenuhi.

Cerme 2Siswa yang lolos SNMPTN 2021.

Sejumlah strategi telah dilakukan untuk memperkenalkan SMK YPI Darussalam 2 Cerme. Linda Wulandari, Wakil Kepala Sekolah bagian Kesiswaan SMK YPI Darussalam 2 Cerme, menjabarkan bahwa sekolah memberikan berbagai kemudahan.

“Kemudahan yang kami berikan di antaranya formulir gratis, subsidi SPP sebesar Rp 100 ribu per bulan untuk seluruh peserta didik, SPP gratis untuk peserta didik yatim piatu, dan peserta didik kurang mampu,” jelas Linda.

Lebih lanjut Linda mengatakan, SPP gratis satu bulan diberikan untuk peserta didik peringkat 3, SPP gratis dua bulan untuk peserta didik peringkat 2, dan SPP gratis 3 bulan untuk peserta didik peringkat 1.

Selain memberikan begitu banyak kemudahan, H Efendi, Wakil Kepala Sekolah bagian Sarana dan Prasarana, mengatakan SMK YPI Darussalam 2 Cerme juga menyediakan fasilitas belajar yang modern, lengkap, dan nyaman. Fasilitas tersebut dapat menunjang kegiatan belajar mengajar agar berjalan secara optimal.

“Sekolah memiliki jumlah kelas yang mampu menampung hingga 300 peserta didik, ruang kelas juga dilengkapi dengan pendingin ruangan dan proyektor,” ujar Efendi.

Selain itu, Efendi mengungkapkan, SMK YPI Darussalam 2 Cerme memiliki lapangan luas, bussiness center yang bekerjasama dengan Alfamart, laboratorium untuk setiap jurusan, serta jaringan wifi yang dapat diakses oleh semua peserta didik.

Sedangkan Ellis Octaviana, guru SMK YPI Darussalam 2 Cerme menjelaskan, ada enam program keahlian yang dapat dipilih sesuai dengan minat dan bakat calon peserta didik.

Cerme 3PPDB SMK YPI Darussalam 2 Cerme.

Program keahlian tersebut terdiri dari Bisnis Daring dan Pemasaran, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Akuntansi Keuangan Lembaga, Busana Butik, Farmasi Klinis dan Komunitas, serta Teknologi Laboratorium Medik. Kerja sama telah terjalin dengan berbagai dunia usaha dan dunia industri (Dudi) untuk masing-masing jurusan.

“Melalui berbagai jurusan tersebut, tujuan utama kami adalah mengantarkan peserta didik ke lapangan kerja secara langsung setelah mereka lulus sekolah. Beberapa alumni telah membuktikannya, ada yang sudah bekerja di Alfamart, perusahaan, apotek, klinik, hingga rumah sakit di wilayah Gresik,” kata Ellis.

Sementara itu, Guru BK SMK YPI Darussalam 2 Cerme Dewi Nur Kartika Sari, mengatakan SMK YPI Darussalam 2 Cerme juga membuka peluang dan memberikan kesempatan sebesar-besarnya bagi peserta didik yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Menurut Dewi, setiap tahun peserta didik kelas XII berhasil diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) pilihan mereka, baik melalui jalur SNMPTN maupun UTBK SBMPTN.

“Kami berusaha untuk membantu peserta didik agar bisa lolos ke PTN ataupun perguruan tinggi swasta. Alhamdulillah, ada yang diterima di Universitas Islam Negeri Surabaya, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Trunojoyo, Universitas Muhammadiyah Gresik, Akademi Analis Kesehatan Delima Husada, dan Akademi Semen Indonesia,” papar dia.

Dewi menambahkan, saat ini tim PPDB SMK YPI Darussalam 2 Cerme telah membuka pendaftaran peserta didik baru gelombang kedua. Pendaftaran dilakukan secara online dan offline.

“Bagi calon peserta didik maupun para orang tua yang ingin segera mendaftarkan putra putrinya, dapat mencari info secara lengkap melalui sosial media dan website SMK YPI Darussalam 2 Cerme, Gresik, ini http://smkypidarussalam2.sch.id/,” pungkas Dewi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES