News Commerce Indonesia Bangkit

SMK Muhammadiyah 1 Blitar Pencetak Tenaga Asisten Kesehatan Andal dan Generasi Entrepreneur

Jumat, 07 Mei 2021 - 01:03 | 128.42k
Berbagai prestasi ditorehkan SMK Muhammadiyah 1 Blitar. Prestasi terbaru yang berhasil diraih adalah LKS tingkat Kota Blitar. (Foto-foto: SMK Muhammadiyah 1 Blitar for TIMES Indonesia)
Berbagai prestasi ditorehkan SMK Muhammadiyah 1 Blitar. Prestasi terbaru yang berhasil diraih adalah LKS tingkat Kota Blitar. (Foto-foto: SMK Muhammadiyah 1 Blitar for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, BLITARSMK Muhammadiyah 1 Blitar berkomitmen untuk mencetak tenaga asisten kesehatan yang andal sekaligus generasi entrepreneur melalui program sekolah berbasis industri.

SMK yang beralamat di Jalan Cokroaminoto No 3 ini merupakan salah satu sekolah kesehatan terbaik di Kota Blitar. Sekolah ini menawarkan kompetensi keahlian unggulan Asisten Keperawatan dan Farmasi Klinis dan Komunitas.  

Entrepreneur 2

"Keberhasilan SMK Muhammadiyah 1 Blitar dalam mencetak lulusan Tenaga Asisten Kesehatan tingkat menengah yang memiliki keterampilan dan kemampuan bersaing di dunia industri sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor ketika peserta didik melewati proses pembelajaran di sekolah,” kata Anggun Triadji N SKep Ns, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Blitar.

Anggun menambahkan, upaya untuk keberhasilan tersebut sekolah melakukan kegiatan penyelarasan kurikulum dengan industri dan dunia kerja (Iduka).

Menurut Anggun, SMK Muhammadiyah 1 Blitar mempunyai visi yaitu menciptakan peserta didik yang islami, cerdas, terampil, dan kompetitif dengan membekali siswa dengan jiwa kewirausahaan.

“SMK Muhammadiyah 1 Blitar memiliki Bussiness Centre sebagai wadah kegiatan usaha sekolah. Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan pelatihan-pelatihan kepada peserta didik dan alumni yang berguna untuk life skill mereka,” jelas dia.

Anggun menegaskan, output dari SMK adalah bekerja, melanjutkan, dan wirausaha atau yang lebih dikenal dengan BMW.

“Business Centre SMK Muhammadiyah 1 Blitar mengajarkan langsung tentang manajemen dan bisnis kepada peserta didik. Yaitu, siswa dididik untuk memproduksi dan memasarkan produk mereka, sehingga jiwa kewirausahaan mereka dapat terasah dengan baik,” terang Anggun.

Dia menambahkan, kualitas lulusan SMK Muhammadiyah 1 Blitar jangan ditanya lagi  karena banyak yang terserap di dunia usaha. Data yang tercatat, 40 persen lulusan SMK Muhammadiyah 1 Blitar bekerja, 40 persen lagi berwirausaha, dan 20 persen melanjutkan kuliah.

Entrepreneur 3

“Kami juga memiliki BKK (Bursa Kerja Khusus) yang sudah menjalin MoU dengan beberapa perusahaan, rumah sakit, Puskesmas, dan apotek untuk penyaluran lulusan dan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Untuk penyaluran lulusan ini ada di dalam negeri dan luar negeri," ungkap Anggun

Selain mencetak asisten tenaga kesehatan dan entrepreneur yang andal, lanjuut dia, SMK Muhammadiyah 1 Blitar juga berhasil menorehkam beberapa prestasi diberbagai bidang.  

“Juara yang pernah diraih seperti juara 2 lomba KTI tingkat kota, juara 2 dan 3 Tapak Suci, dan prestasi terbaru yang berhasil diraih SMK Muhammadiyah 1 Blitar adalah LKS tingkat Kota Blitar,” pungkas Anggun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES