Peristiwa Nasional

Ubah Sampah Jadi Listrik, Presiden RI Jokowi: Dua Jempol untuk Surabaya

Kamis, 06 Mei 2021 - 17:53 | 62.96k
Presiden Jokowi dalam sambutan peresmian PSEL, Benowo Surabaya. (FOTO: Humas Pemkot Surabaya for TIMES Indonesia)
Presiden Jokowi dalam sambutan peresmian PSEL, Benowo Surabaya. (FOTO: Humas Pemkot Surabaya for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) hadir langsung meresmikan Pengolah Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL), di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya pada Kamis (6/5/2021).

Dalam sambutannya, penerima Greatest Honorary Award 2020 Anugerah TIMES Indonesia (ATI) itu menyampaikan apresiasi atas kerja cepat Pemerintah Kota Surabaya dalam mengelola sampah menjadi energi listrik.

"Kecepatan bekerja Pemerintah Kota Surabaya patut kita acungi jempol. Ini yang pertama dari 7 kota yang saya tunjuk, yang lain masih maju mundur. Dua jempol untuk Wali Kota lama maupun Wali Kota yang baru. (Realisasi PSEL ini) enggak mudah karena saya mengalami," ujarnya.

Jokowi-2.jpg

Presiden Jokowi pun menceritakan sulitnya mendirikan hal serupa sejak ia menjabat Wali Kota Solo lalu Gubernur DKI Jakarta. "Pengolahan sampah seperti ini yang sejak dulu saya inginkan. Mulai jadi Wali Kota di Solo, jadi Gubernur, terus jadi Presiden," tuturnya.

Saat menjabat sebagai Presiden, baru lah ia mengeluarkan Perpres 16 tahun 2018 mengenai investasi dan juga Perpres 35 tahun 2018 tentang tarif listrik. Dua Perpres tersebut dapat memudahkan Kabupaten/Kota dalam merealisasikan pengolahan sampah menjadi listrik.

PSEL-Benowo-Surabaya.jpg

"Untuk memastikan Kabupaten/Kota berani mengeksekusi. Dulu pada takut  karena dipanggil Kejaksaan, KPK, dan lainnya karena payung hukumnya tidak jelas," jelasnya.

Pengolahan sampah menjadi energi listrik ini menurutnya sangat penting untuk direalisasikan. Mengingat persoalan sampah erat kaitannya dengan tingkat kebersihan dan kesehatan masyarakat pada suatu wilayah.

"Untuk kota-kota lain akan saya perintah udah lah nggak usah ruwet-ruwet. Lihat aja di Surabaya, tiru-copy," tegasnya.

Pada akhir sambutannya, Presiden RI Jokowi mengucap basmalah sebagai bentuk peresmian instalasi pengolahan sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan di Benowo Kota Surabaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES