Peristiwa Daerah

PMI Banyumas Gelar Pemeriksaan Kesehatan bagi Lansia Komorbid

Kamis, 06 Mei 2021 - 15:54 | 28.91k
Tim kesehatan PMI Banyumas mengadakan pemeriksaan kesehat gratis bagi lansia dengan komorbid risiko tinggi untuk mencegah penyebaran Covid-19, di Kelurahan Purwanegara, Purwokerto Utara, Kamis (6/5/2021). (FOTO : Sigit Oedi For TIMES Indonesia)
Tim kesehatan PMI Banyumas mengadakan pemeriksaan kesehat gratis bagi lansia dengan komorbid risiko tinggi untuk mencegah penyebaran Covid-19, di Kelurahan Purwanegara, Purwokerto Utara, Kamis (6/5/2021). (FOTO : Sigit Oedi For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUMAS – Palang Merah Indonesia Kabupaten Banyumas (PMI Banyumas) mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi lansia dengan komorbid risiko tinggi (Risti). Pemeriksaan ini bertujuan agar lansia dengan komorbid risiko tinggi tidak terpapar Covid-19.

Ketua PMI Kabupaten Banyumas Sadewo Tri Lastiono melalui Kepala Bidang Pelayanan Sosial dan Donor Darah dokter G Wulandar, Kamis (6/5/2021)  mengatakan pemeriksaan bagi lansia dengan komorbid risiko tinggi ini merupakan yang pertama dilakukan di Banyumas.

''Program pencegahan penyebaran Covid-19 untuk lansia dengan komorbid risiko tinggi yang pertama kali ini dilaksanakan di Kelurahan Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara. Jumlah peserta yang ikut sekitar 50 orang warga Kelurahan Purwanegara,'' kata Wulandari.

PMI Banyumas 1

Kelurahan Purwanegara dipilih menjadi lokasi pertama pemeriksaan kesehatan bagi lansia dengan komorbid risiko tinggi, menurut dia karena berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, merupakan wilayah dengan kasus Covid-19 yang cukup banyak.

Dia mengatakan pemeriksaan yang dilakukan kepada para lansia komorbid risiko tinggi berupa penimbangan berat badan, pengukuan tensi dan suhu tubuh serta cek gula darah.

'Para lansia juga diberi penyuluhan tentang protokol kesehatan yakni 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi kontak dengan orang lain.

"Dengan ikut sosialiasi diharapkan para lansia membiasakan diri hidup bersih dan sehat. Kalau sudah bersih dan sehat, para lansia tidak mudah tepapar Covid-19,'' ujar Wulandari. 

Menurut dia pemeriksaan kesehatan sekaligus penyuluhan kepada para lansia komorbid risiko tinggi merupakan bentuk perhatian dari PMI Banyumas agar mereka tidak terpapar Covid-19.

''PMI punya rencana akan berkeliling melakukan kegiatan serupa di kelurahan/desa dengan sasaran lansia komorbid risiko tinggi,'' terangnya.

PMI Banyumas 2

Selain diperiska dan mengikuti penyuluhan, para lansia yang hadir juga diberikan maskerm hand sanitizer, makanan multivitamin dan poster berisi ajakan untuk patuhi protokel kesehatan.

Lurah Purwanegara Dwi Estri Astuti yaNg memantaukegiatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim kesehatan PMI Banyumas yang juga didukung oleh Dnas Kesehatan Banyumas.

''Kegiatan (PMI Banyumas) ini sangat bermanfaat bagi lansia yang umumnya komorbid di Kelurahan atau Pos PAUD, karena selama pandemi tutup. Mereka juga tidak bisa kontrol kesehatannya ke Puskesmas karena jauh. Kalau bisa pemeriksaan kesehatan bagi lansia bisa dilaksanakan lagi,'' ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES