Gaya Hidup

Empat Tips Tidur Siang Anti-Bablas

Kamis, 06 Mei 2021 - 06:09 | 122.55k
Ilustrasi tidur siang. (Foto: shutterstock)
Ilustrasi tidur siang. (Foto: shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tidur sudah merupakan kebutuhan tiap para manusia. Tidur sendiri memang memiliki banyak manfaat mulai dari sarana istirahat hingga proses mengembalikan energi dan menjaga daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, tidur bukanlah dianggap sebagai sesuatu yang sepele. Studi di NASA terhadap pilot militer dan astronot menyatakan bahwa tidur siang selama 40 menit akan meningkatkan performa sebesar 34 persen.

Apalagi bebrbicara puasa pasti kita akan terfikirkan untuk tidur. Namun di balik itu semua kita sering mengalami tidur kita kebablasan.

Melansir dari CNN Indonesia, berikut tips untuk tidur siang agar tidak kebablasan.

1. Tidur 30 Menit

Banyak ahli yang mengatakan bahwa tidur siang seharusnya berlasung sekitar 25 – 30 menit saja. Hal ini didasarkan karena agar terhindar dari deep sleep lalu terbangun dengan kondisi yang lelah.

Apalagi untuk orang yang lelah seharian dan tidak bisa mendapatkan porsi waktu tidur malam yang cukup sebelumnya maka metode ini akan cocok sekali.

2. Caffeine Nap

Mungkin banyak yang asing dengan istilah ini, seperti namanya caffeine nap sendiri merupakan metode tidur yang caranya sebelum tidur anda diharuskan untuk meminum secangkir kopi kemudian tidur selama 20 menit.

Lalu efek dari kafein akan muncul setelah anda bangun atau lewat dari 20 menit, namun jika berpuasa cara ini jangan dipakai ya.

3. Jalan Kaki

Memang sudah sewajarnya jika seusai makan siang maka rasanya kita ingin rebahan. Nyatanya hal ini jangan dilakukan, daripada melakukan rebahan banyak ahli yang merekomendasikan kita untuk jalan kaki sekitar 15 menit apalagi jika Anda merasa stres akibat jadwal yang padat.

4.  Jika Insomnia, Hindari Tidur Siang

Memang tidur siang memiliki banyak manfaat, namun hal ini berbeda jika kalian mengidap insomnia. Jika kalian mengidap insomnia, jangan sesekali coba untuk tidur siang, karena tidur siang bagi orang insomnia malah berisiko untuk membuat anda makin susah tidur saat malam hari.

Dan sekian penjelasan tips tidur siang antibablas, semoga bisa membantu dalam aktivitas kalian sehari-hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES